3 Titik Api di Gunung Sumbing, Pasukan Gabungan Bergerak ke Lokasi

Jum'at, 14 September 2018 - 12:45 WIB
3 Titik Api di Gunung Sumbing, Pasukan Gabungan Bergerak ke Lokasi
3 Titik Api di Gunung Sumbing, Pasukan Gabungan Bergerak ke Lokasi
A A A
TEMANGGUNG - Api yang membakar hutan dan lahan di kawasan Gunung Sumbing masih belum padam. Butuh upaya ekstra untuk menjinakkan api di gunung yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung ini.

Pasukan TNI-Polri dilibatkan dalam Tim Satgas Penanggulangan Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Sumbing. Mereka akan bergerak ke titik-titi api di wilayah Butuh Lor, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, untuk melakukan pemadaman.

“Hari ini terpantau ada titik api, sehingga kami membentuk tiga regu untuk dikerakan ke lokasi kebakaran. Regu 1 melaksanakan pemadaman di Petak 20 B dengan jumlah personel 15 orang,” ujar Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, Jumat (14/9/2018).

Dia menambahkan, Regu 2 bergerak ke Petak 23 B dengan jumlah personel 12 orang. Sedangkan Regu 3 yang terdiri 23 personel dikerahkan untuk melakukan pemadaman di Petak 23 B. Selain itu, juga terdapat tim yang bertugas membawa logistic berjumlah 10 orang.

“Untuk semua regu 1,2, dan 3 saat ini sedang bergerak menuju sasaran lokasi kebakaran. Semoga api bisa dengan cepat dipadamkan agar tak semakin meluas,” tambahnya.

Dia juga mengimbau warga untuk tidak membuang punting rokok sembarangan di kawasan hutan karena rawan memicu terjadinya kebakaran. Apalagi, pada musim kemarau saat ini banyak dedaunan kering yang mudah tersambar api.

“Kepada semua warga tanpa kecuali untuk tidak membuang punting rokok sembarangan di kawasan hutan. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, mari kita jaga agar hutan di gunung-gunung tak semakin gundul,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7246 seconds (0.1#10.140)