Warga Penyandang Disabilitas Dilatih Bertanam Hidroponik

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 22:10 WIB
Warga Penyandang Disabilitas...
Warga Penyandang Disabilitas Dilatih Bertanam Hidroponik
A A A
SLEMAN - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Terluar (Kemendes PDTT) memberi pelatihan bertanam sayuran dengan sistem hidroponik bagi 30 penyandang disabilitas (lima tuna runggu dan 25 tuna daksa). Pelatihan ini digelar di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta Jalan Parasamya, Tridadi, Sleman, DIY mulai 25-31 Agustus 2018.

30 penyandang disabilitas yang terdiri dari 16 perempuan dan 14 laki-laki itu, berasal dari tiga kecamatan yang ada di Sleman, yaitu kecamatan Mlati, Sleman dan Ngaglik. Masing-masing kecamatan 10 orang.

Kepala BBLM Yogyakarta, Erlin Chaerlinatun mengatakan, sulitnya mencari pekerjaan bagi penyadang disabilitas di bisang formal karena kalah bersaing dengan pencari kerja yang normal hingga sekarang masih menjadi persoalan yang belum ada solusinya.

“Selain untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan serta keterampilan kepada penyandang disabiilitas, juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Erlin saat penutupan pelatihan hdirponik bagi penyandang disabilitas tersebut di BLLM Yogyakarta, Jumat (31/8/2018).

Erlin menjelaskan, program pelatihan sendiri, para peserta bukan hanya mendapatkan teori dan prakrek (dalam kelas dan lapangan) selama 56 jam pelajaran. Tetapi juga mengajak mereka melakukan kunjungan lapangan. Yakni di rumah hidro desa Kratuan, Pakem dan ke demplot Karang Kadempel Cangkringan.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mendukung kegiatan itu karena dinilai bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat penyandang disabilitas di Sleman. “Yang penting ini (hasil pelatihan) dipraktikkan di rumah baru setelah itu membicarakan pemasaran,” paparnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)