KAI Pamerkan Rail Clinic Generasi Terbaru

Kamis, 30 Agustus 2018 - 12:25 WIB
KAI Pamerkan Rail Clinic Generasi Terbaru
KAI Pamerkan Rail Clinic Generasi Terbaru
A A A
GROBOGAN - PT KAI memamerkan kereta api yang berfungsi sebagai rumah sakit berjalan di atas rel, Rail Clinic generasi terbaru. Rail Clinic Generasi 4 ini tak hanya dilengkapi berbagai ruang pengobatan medis, tetapi juga ditambah fasiliras Rail Library atau perpustakaan.

Rail Library atau Kereta Pustaka yang menjadi bagian dari unit Rail Clinic Generasi Ke-4 ini, dilengkapi fasilitas perpustakaan buku, majalah, video dan e-book. Koleksi materi perpustakaan yang ditampilkan terdiri dari 350 judul buku dengan jumlah 764 eksemplar, 63 judul e-book, dan 65 koleksi video.

Rangkaian kereta Rail Clinic menjadi sarana utama dalam kegiatan bakti sosial di Stasiun Gundih, Grobogan, Jawa Tengah. PT KAI Daop 4 Semarang menggundang 300 masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis mulai pukul 08.00–14.00 WIB di Stasiun Gundih.

Masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium, penyuluhan kesehatan serta pelayanan kefarmasian. PT KAI telah menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 perawat gigi, 1 bidan, 1 apoteker, 1 asisten apoteker, 3 paramedis, 3 pemeriksa mata, dan 1 tenaga administrasi.

"Pelayanan kesehatan gratis di Stasiun Gundih dengan Rail Clinic ini, merupakan salah satu program rutin dari PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan transportasi tersebut kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar jalur KA dalam bidang fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan," ujar Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, Kamis (30/8/2018).

KAI Pamerkan Rail Clinic Generasi Terbaru


Selain melaksanakan pengobatan gratis, PT KAI Daop 4 Semarang juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat di antaranya pemberian 61 kacamata secara gratis kepada siswa SD, serta bantuan alat-alat olahraga untuk warga Kelurahan Geyer dan SDN 3 Geyer.

Acara CSR dengan melibatkan sarana khusus Rail Clinic ini, menjadi agenda tahunan di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sejak 2016. Tahun ini, bakti sosial dilaksanakan di tiga stasiun, yaitu di Stasiun Keradenan pada 28 Agustus 2018, Stasiun Gundih pada 30 Agustus 2018, dan Stasiun Kaliwungu pada 7 November 2018.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pihak PT KAI Daop 4 Semarang yang telah melaksanakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis ini. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Geyer," kata Seketaris Camat Geyer, Sutoyo, di sela kegiatan Rail Clinic di Stasiun Gundih.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3589 seconds (0.1#10.140)