Surat-Surat Tak Lengkap, Ratusan Sepeda Motor di Timika Diamankan

Rabu, 29 Agustus 2018 - 11:15 WIB
Surat-Surat Tak Lengkap, Ratusan Sepeda Motor di Timika Diamankan
Surat-Surat Tak Lengkap, Ratusan Sepeda Motor di Timika Diamankan
A A A
TIMIKA - Polres Mimika, Papua menggelar razia kendaraan sepeda motor di depan kantor Basarnas Jalan Poros Timika-Poumako, Selasa (28/8/2019) pukul 23.00 Wit. Ratusan sepeda motor terpaksa dikandangkan karena tidak memiliki dokumen lengkap.

Berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa orang tidak mengenakan helm saat berkendara di jalan raya. Ada pula pengendara yang membonceng dua orang sekaligus.
Selain itu, juga ada pengendara yang memutar balik kendaraan saat melihat kepolisian sedang melakukan razia. Petugas langsung mengejar dan mengamankan pengendara bersama sepeda motornya.

Kabag Ops Polres Mimika AKP Andyka Aer mengatakan razia dilakukan untuk menertibkan kendaraan yang tidak memiliki dokumen lengkap. Dari hasil razia itu cukup banyak kendaraan yang terjaring, karena kebanyakan para pengendaara tidak memakai helm standar serta ada juga yang tidak memiliki SIM dan STNK.

Andyka Aer menjelaskan pengendara yang tidak memiliki surat-surat kendaraan atau tidak memiliki kelengkapan lainnya, sepeda motornya langsung diamankan. Hal ini bertujuan melakukan penilangan dan untuk mengetahui asal usul dari mana sepeda motor tersebut karena di Timika sedang rawan kasus pencurian motor.

"Sepeda motor yang tidak memiliki dokumen lengkap, kita amankan ke kantor Satlantas. Kemudian kita lakukan penilangan serta mencari tahu asal usul kendaraan tersebut dari mana si pengendara membeli motor tersebut," katanya.

Polres Mimika mengimbau kepada setiap pengendara sepeda motor agar taat dan tertib berlalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan. Selain itu juga diharapkan kepada setiap pengendara motor agar membawa dokumen kendaraan lengkap agar apabila terjadi razia lagi pengendara dapat menunjukan dokumen kendaraan tersebut.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6981 seconds (0.1#10.140)