PKPU HI-IDI Beri Bantuan Obat-obatan untuk Warga Lombok

Selasa, 14 Agustus 2018 - 23:52 WIB
PKPU HI-IDI Beri Bantuan...
PKPU HI-IDI Beri Bantuan Obat-obatan untuk Warga Lombok
A A A
Dalam masa tanggap darurat yang baru akan berakhir pada 25 Agustus 2018, upaya membantu korban gempa di Lombok, PKPU Human Initiative (HI) bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wonogiri memberi bantuan obat-obatan, untuk Puskesmas Santong.

Pemberian bantuan obat-obatan itu dilakukan oleh Ketua IDI Wonogiri dr Martanto bersama Manajer PR PKPU HI Sukismo diterima Kepala Puskesmas Santong Nurdin SKM, untuk penerima manfaat 500 pasien, di Desa Santong Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Senin 13 Agustu 2018.

Usai pemberian bantuan, dilanjutkan aksi layanan kesehatan di pos pengungsi suku asli Lombok di Dusun Santong Asli, dan di Dusun Gubuk Baru Desa Santong, Kecamatan Kayangan yang cukup jauh dari pusat Kota Tanjung karena berada di atas perbukitan. Kendati berudara sejuk dengan air gunung jernih berlimpah, serta sinyal operator yang cukup bagus berkat adanya beberapa BT. Namun, perjalanan menuju dusun tersebut agak sulit oleh para relawan, karena selain jaraknya jauh, jalannya juga yang menanjak, kecuali menggunakan kendaraan yang baik.

Akibatnya, bantuan sembako yang datang baru hanya dari keluarga mereka saja yang memberikan. "Baru sedikit bantuan sembako yang masuk ke dusun kami," ujar Ari Bahri salah seorang warga Dusun Gubuk Baru.

Bantuan, imbuhnya, terkumpul di kantor-kantor Kepala Desa, yang belum sempat didistribusikan ke dusun-dusun yang memerlukan bantuan sembako.

Sementara, untuk layanan kesehatan yang dilakukan dapat melayani 68 pasien, dengan 99 KK dan 223 jiwa keluarganya.

Manajer PR PKPU HI Sukismo menjelaskan, kebanyakan dari mereka selain terserang penyakit ISPA juga ada yang berobat luka-luka dan memar-memar, akibat tertimpa sebagian bangunan yang roboh akibat gempa.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)