Lanud Adisutjipto Terbangkan Bantuan Logistik ke Lombok

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 13:50 WIB
Lanud  Adisutjipto Terbangkan Bantuan Logistik ke Lombok
Lanud Adisutjipto Terbangkan Bantuan Logistik ke Lombok
A A A
YOGYAKARTA - Lanud Adisutjipto Yogyakarta menyalurkan 20 ton bantuan logistik, terdiri dari bahan makan, obat-obatan, air mineral, selimut, kasur serta makanan dan pelengkap bayi untuk korban gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan tersebut diangkut dengan pesawat Hercules TNI AU dari Baseops Lanud Adisutjipto, Sabtu (11/8/2018) pagi.

Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Tedi Rizalihadi mengatakan, bantuan tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat, organisas kemasyarakatan, pelajar, mahasiswa, pemerintah daerah serta TNI-Polri di DIY dan keluarga besar Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Pengiriman akan dilakukan bertahap. Sebab, kemampuan angkut Hercules maksimal hanya 12 ton. Tahap awal, akan diangkut 12 ton dengan total 1.601 koli.

"Bantuan yang akan kami salurkan, terutama yang sangat dibutuhkan korban gempa di Lombok," kata Tedi di sela-sela pemberangkatan bantuan ke Lombok di Baseops Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Sabtu (11/8/2018).

Tedi menjelaskan, bantuan diprediksi terus akan bertambah. Karena itu, untuk penyalurannya, segera akan meminta Mabes AU agar mengirim lagi pesawat Hercules atau pesawat CN TNI AU ke Lanud Adisutjipto untuk melanjutkan bantuan ke Lombok.

Menurut Tedi, penyaluran bantuan akan terus dilakukan sampai masa recovery. Sebab, sampai sekarang kondisi di Lombok masih sering terjadi gempa susulan meski magnitudonya tidak terlalu besar.

Kapentak Lanud Adisutjipto Yogyakarta Mayor Sus Ambar Rejiyati menambahkan, sebenarnya bantuan ke Lombok direncanakan dikirim Kamis, 9 Agustus 2018. Namun, karena menunggu pesawat angkut Hercules, akhirnya bantuan diangkut hari ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4585 seconds (0.1#10.140)