Mirip Panggilan Darurat 911 Amerika, Purwakarta Luncurkan Call Center 112

Kamis, 09 Agustus 2018 - 16:20 WIB
Mirip Panggilan Darurat 911 Amerika, Purwakarta Luncurkan Call Center 112
Mirip Panggilan Darurat 911 Amerika, Purwakarta Luncurkan Call Center 112
A A A
PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, meluncurkan layanan kedaruratan 112. Program ini mirip dengan layanan darurat 911 di Amerika Serikat yang memudahkan masyarakat atas bantuan darurat.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Purwakarta, Suhandi, menuturkan launching layanan ini merupakan bagian peningkatan pelayanan pengaduan berbasis aplikasi Ogan Lopian."Call Center 112 Ogan Lopian, sebagai upaya peningkatan dari akses sebelumnya yang sudah dimiliki," ujar Suhandi disela launching Call Center 112 di Bale Yudhistira Purwakarta, Kamis (9/8/2018).

Dia menjelaskan, dengan aplikasi layanan ini masyarakat tidak harus mengingat beberapa nomor penting. Layanan kedaruratan 112 merupakan nomor tunggal panggilan darurat (emergency call center) yang dapat menerima maupun mengirimkan permintaan pertolongan dari masyarakat.

"Ke depan satu nomor, masyarakat yang membutuhkan tinggal menghubungi dan operator langsung meneruskan," ujar dia.

Di bagian lain, Penjabat Bupati Purwakarta, MT Budi Santoso, mengungkapkan pelayanan, call center 112 bagian ikhtiar pemkab dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Yang membutuhkan ambulans, damkar ataupun kedaruratan lainnya bisa menghubungi nomor tersebut, sehingga cepat dan mudah," urainya.

Menurut dia, masyarakat bisa memanfaatan pelayanan call center 112. Sedangkan Purwakarta sendiri menjadi daerah ke-19 di Indonesia yang memiliki layanan tersebut. "Bisa dimanfaatkan dengan baik, dan Purwakarta menjadi daerah ke 19 di Indonesia yang memiliki layanan ini," tuturnya.

Sementara itu, Dirut PT Telkom Metra Otong Iip, call center ini serupa dengan pola pelayanan 911 di Amerika di mana seluruh pelayanan cukup satu akses. "Kalau Amerika 911 kalau dikita 112, jadi masyarakat butuh pelayanan bisa langsung menghubungi," ungkapnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3979 seconds (0.1#10.140)