24 Hektare Lahan Terbakar, Tebo Berstatus Siaga

Kamis, 26 Juli 2018 - 18:44 WIB
24 Hektare Lahan Terbakar, Tebo Berstatus Siaga
24 Hektare Lahan Terbakar, Tebo Berstatus Siaga
A A A
TEBO - Manggala Agni Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, mencatat dari Januari-Juli 2018 ini, total luas lahan yang terbakar mencapai 24,5 Hektare (Ha).

Dengan kondisi itu, pihak Manggala Agni Tebo pada 5 juli lalu menetapkan bencana Karhutlah di Kabupaten Tebo dari status biasa berubah menjadi status siaga. Hal tersebut langsung disampaikan Nufit Hari Rachmat selaku Kada Ops Manggala Agni Kabupaten Tebo.

"Dari kenaikan status siaga tersebut sudah 10,5 hektare lahan yang terbakar. Rata-rata yang terbakar itu lahan masyarakat," ujar Nufit.

Selain itu, pihaknya mencatat dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tebo, 4 kecamatan masuk daerah rawan Karhutlah seperti, di Kecamatan Sumay, Tebo Ulu, VII Koto dan VII Koto Ilir.

"Ada 4 kecamatan rawan kebakaran. Namun, yang paling terparah di Kecamatan Sumay seperti di desa Semambu dan Desa Pemayungan," jelasnya.

Saat ditanya terkait kendala di lapangan, pihaknya mengaku bahwa kendala utama adalah medan yang sangat jauh dan susah ditempuh serta minimnya ketersediaan air di lokasi pemadaman.

"Tidak hanya itu, masalah signal juga menjadi kendala utama. Karena pihaknya harus mencari signal ke desa yang terdekat dulu untuk memberikan informasi," tutup Nufit.

Sementara itu, Wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan mengimbau seluruh personel untuk selalu siap menjalankan tugasnya. Pasalnya, pada musim kemarau ini kebakaran bisa terjadi kapan saja.

"Saya minta posko pengamanan jangan ada yang kosong. Tingkatkan koordinasi dengan pihak camat maupun polsek setempat," pinta Syahlan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)