AP II Siapkan Ruangan Penyerahan dan Pengambilan Senpi di Bandara KNIA

Rabu, 25 Juli 2018 - 19:57 WIB
AP II Siapkan Ruangan...
AP II Siapkan Ruangan Penyerahan dan Pengambilan Senpi di Bandara KNIA
A A A
DELISERDANG - PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Kualanamu menyiapkan satu ruangan khusus penyerahan dan pengembilan senjata api (senpi) di Terminal keberangkatan Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan termasuk insiden letusan senpi.

Manager Keamanan Bandara Kualanamu, Kuswadi mengatakan, ruangan khusus terletak di terminal keberangkatan lantai III tersebut diperuntukkan bagi calon penumpang yang membawa senpi. "Tujuannya meminimalisir terjadinya insiden letusan saat pengosongan senpi," terangnya, Rabu (25/7/2018).

Dijelaskannya, dari segi keamanan penggunaan ruangan penyerahan dan pengambilan senpi sudah memadai. "Saya percaya masih ada celah yang harus diperbaiki sehingga dari segi keamanan dapat terjamin, seperti halnya ketersediaan tempat untuk menyimpan senpi yang telah dikeluarkan amunisinya menuju counter check in," ujar Kuswadi.

Sementara itu, Ketua Airlines Organization Committe (AOC) Kualanamu, Rahmat Iskandar Dinata didampingi Sekretaris Vitra P Maulana mendukung penuh kebijakan manajemen PT AP II yang menyediakan ruangan khusus bagi penumpang yang membawa senpi. "Itu langkah tepat dan kami dari AOC siap mendukung," tegasnya.

Namun, sejumlah airlines tujuan internasional menolak penumpang yang membawa senpi. "Setahu saya Airlines yang menolak penumpang membawa senpi yaitu Air Asia, Silk Air, Jet Star, MAS," ujarnya.

Sebelumnya, semua airlines, pihak manajemen AP II dan mewakili dari Otoritas Bandara (Otband) Wilayah II Medan melakukan rapat sosialisasi soal ruangan khusus terkait penumpang yang membawa senpi. Rapat itu sendiri dilakukan di lantai I kedatangan domestik dihadiri pihak intansi terkait termasuk para protokoler TNI/Polri.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1453 seconds (0.1#10.140)