ACT Targetkan 1.800 Ekor Kambing Dikurbankan di Sumut

Jum'at, 20 Juli 2018 - 11:11 WIB
ACT Targetkan 1.800 Ekor Kambing Dikurbankan di Sumut
ACT Targetkan 1.800 Ekor Kambing Dikurbankan di Sumut
A A A
MEDAN - Dalam memperingati Hari Idul Adha, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menargetkan 1.800 ekor kambing akan dikurbankan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Cabang ACT Sumut, Ronio Romantika mengatakan, program ini akan dilakukan secara masif dan merata. Di Sumut, kata Ronio, untuk kurban tahun ini, ACT menargetkan sedikitnya 1.800 ekor setara kambing. Sedangkan hewan kurban lainnya, akan dilakukan sesuai kebutuhan dan ketentuan.

"Kalau untuk kurban unta teknisnya dilakukan di Arab Saudi karena kebutuhan hewannya berada di sana. Untuk kurban tahun ini, target ACT se-Indonesia, 80.000 ekor kambing, naik 400 persen dari sebelumnya yang berjumlah 21.000 ekor kambing. Sedangkan untuk di Sumut target 1.800 ekor kambing berbeda tahun sebelumnya yang hanya sekitar 400 ekor kambing," terangnya, Jumat (20/7/2018).

Untuk tahun ini, ACT Sumut akan menyalurkan daging kurban itu ke warga Rohingya dan kaum dhuafa di kawasan Sinabung Karo, Nias, Langkat, Binjai, Pematangsiantar, dan Belawan. "Bagaimana kami ACT ini melakukan kurban untuk Sumut ini agar dapat meningkatkan minat kurban setiap tahunnnya. Apalagi jika dapat bersinergi dengan awak media malah lebih baik lagi," tuturnya.

Untuk teknis kepanitiaan kurban nantinya, kata Ronio, ACT tetap berkoordinasi demi kelancaran dan sinergitas kepanitiaan dengan ACT.

"Kita tetap melakukan kerja sama dengan panitia lokal yang sudah ada dengan penyediaan dan distribusi yang ada. Tapi kalau dilakukan ACT itu memang sedikitnya 21 ekor kambing untuk satu daerah. Makanya itu sistem kurban sebelumnya kami mengajak untuk menabung karena 8 bulan sudah disiapkan ternaknya yang akan diqurbankan," pungkasnya.

Untuk diketahui, ACT memberikan harga relatif terjangkau untuk hewan kurban seperti penjualan harga kambing dengan berat 27 kg senilai Rp1,7 juta/ekor dan sapi dengan berat 220 kg senilai Rp11,9 juta/ekor.Diharapkan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dalam program Indonesia berkurban ini dapat mendatangi Kantor ACT yang berada di Jalan Alfalah Raya nomor 3, Glugur Darat, Medan atau dapat berkunjung ke stand ACT di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA).
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7391 seconds (0.1#10.140)