Wisman Keluhkan Minimnya Fasilitas Ibadah, Pemkab Purwakarta Lakukan Ini

Kamis, 12 Juli 2018 - 14:54 WIB
Wisman Keluhkan Minimnya Fasilitas Ibadah, Pemkab Purwakarta Lakukan Ini
Wisman Keluhkan Minimnya Fasilitas Ibadah, Pemkab Purwakarta Lakukan Ini
A A A
PURWAKARTA - Fasilitas ibadah hampir di semua lokasi wisata Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ternyata masih minim. Kondisi seperti itu banyak dikeluhkan wisatawan mancanegara (wisman) terutama dari Timur Tengah.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta Heri Anwar mengakui masih minimnya fasilitas ibadah. Menurutnya, diperlukan sebuah terobosan agar wisatawan bisa kerasan ketika berkunjung ke Purwakarta, termasuk dapat menjalankan ibadah dengan nyaman di sela-sela kunjungannya.

"Contohnya di hotel berbintang, kelas melati ataupun penginapan masih kurang memerhatikan keberadaan musala. Begitu pula di tempat-tempat wisata, fasilitas ibadah itu terbilang minim," ungkap Heri kepada SINDOnews, Kamis (12/7/2018).

Seharusnya, kata Heri, fasilitas ibadah seperti musala menjadi prioritas. Begitu pula perlengkapan ibadah juga harus lengkap, misalnya Alquran, mukena, sarung, dan peci harus tersedia. Pihaknya merasa prihatin dengan kondisi itu, apalagi sudah muncul keluhan dari wisatawan asal Timur Tengah.

Solusinya, Pemkab Purwakarta bulan ini menggulirkan kebijakan wisata halal. Salah satu item dalam kebijakan itu adalah soal tempat wisata atau hotel dan penginapan yang ada harus memiliki fasilitas ibadah representatif.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7037 seconds (0.1#10.140)