Presiden Jokowi Segera Resmikan PLTP Sarulla di Sumut

Kamis, 12 Juli 2018 - 14:16 WIB
Presiden Jokowi Segera Resmikan PLTP Sarulla di Sumut
Presiden Jokowi Segera Resmikan PLTP Sarulla di Sumut
A A A
MEDAN - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut) pada akhir bulan Juli 2018.

Dengan ini, pasokan daya listrik di Sumut akan mengalami surplus. "Sarulla saat ini sudah siap 330 Mega Watt (MW), Insya Allah dalam waktu dekat akan diresmikan Bapak Jokowi. Saat ini sedang dikoordinasikan di Sekretariat Presiden. Kita masih menunggu bapak Presiden untuk meresmikan Salulla," jelas General Manager (GM) PT PLN (Persero) Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto kepada wartawan di Medan, Rabu (11/12/2018).

Kata dia, PLTP Sarulla yang akan diresmikan itu di antaranya, yakni PLTP Sarulla 1, 2 dan 3 dan PLTP Sarulla sudah beroperasi saat ini. Namun, belum diresmikan. "Sudah beroperasi penuh, terpasang 330 MW dengan ketentuan kebutuhan Sumatera Bagian Utara," ujar Feby.

Dia menjelaskan dengan beroperasinya Sarulla ini, bisa memaksimalkan cadangan daya listrik di Sumut untuk dipasok kepada konsumen. Untuk itu, dengan ketersediaan listrik membuat Sumut banyak dilirik oleh para investor dalam membuka usaha.

"Jangan dilupakan kapal (listrik) yang berkapasitas 480 MW. Namun, baru kita bebankan 240 MW. Kita memiliki cadangan yang cukup. Kami mendorong konsumsi energi di Sumatera Utara ini, khususnya bidang industri, bisnis dan perumahan," ungkapnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8005 seconds (0.1#10.140)