Ada Sembilan Kasus Penipuan Rekrutmen Taruna Akpol Terungkap

Rabu, 04 Juli 2018 - 16:56 WIB
Ada Sembilan Kasus Penipuan Rekrutmen Taruna Akpol Terungkap
Ada Sembilan Kasus Penipuan Rekrutmen Taruna Akpol Terungkap
A A A
SEMARANG - Sedikitnya ada sembilan praktik penipuan yang dilakukan oleh oknum anggota Polri hingga masyarakat dalam peroses rekrutmen calon taruna Akpol di sejumlah daerah.Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Arief Sulistyanto mengungkapkan, meski proses rekrutmen calon taruna Akpol mengedepankan obyektifitas, kejujuran dan transparansi, namun masih ada upaya orang-orang yang mengambil keuntungan.“Mereka menipu sejumlah orang tua calon taruna untuk memberikan sesuatu dengan iming-iming anaknya akan diterima di Akpol,” ujar Arief Sulistyanto saat penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah penerimaan Taruna Akpol 2018 di Gedung Cendekia, Akpol Semarang,Rabu (4/7/2018).
Dia menyebut sembilan praktik penipuan itu sangat disesali. Sementara pelakunya ada juga yang dari oknum anggota Polri, pecatan Polri dan ada juga dari pihak luar.

Dua kasus di Ambon, satu kasus masing-masing di Bengkulu, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Barat. “Untuk di Ambon dilakukan masyarakat biasa, di Bengkulu pelakunya adalah pecatan Polri, sedangkan di Sulawesi Utara pelakunya merupakan oknum anggota Polri dan di Sumatera Barat dan Jawa Barat pelakunya adalah orang umum,” sebut dia.

Pihaknya menegaskan jika pelaku termasuk oknum anggota Polri yang terlibat dalam kasus penipuan tersebut ditindak dalam proses pidana.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5617 seconds (0.1#10.140)