Pemkab Kobar Akan Prioritaskan Anggaran Pendidikan

Rabu, 04 Juli 2018 - 09:41 WIB
Pemkab Kobar Akan Prioritaskan Anggaran Pendidikan
Pemkab Kobar Akan Prioritaskan Anggaran Pendidikan
A A A
PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah terus berupaya memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memprioritaskan anggaran pendidikan.

Dalam janji politiknya, Bupati Kobar Nurhidayah dan Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah akan menggeber sektor pendidikan demi terciptanya SDM yang cerdas dan mumpuni.

Bupati Kobar Nurhidayah mengatakan, komitmen Pemkab Kobar terhadap dunia pendidikan sangat besar. Sehingga, permasalahan yang menyangkut pendidikan harus cepat direspons.

"Salah satunya mengenai sarana prasarana pendidikan yang terus ditingkatkan oleh Pemkab Kobar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, sebagai leading sector-nya," ujar Nurhidayah di sela-sela kegiatan, Rabu (4/7/2018).

Bupati menjelaskan, bentuk keseriusan pemerintah terhadap bidang pendidikan, salah satunya dengan mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk dunia pendidikan di Kobar, yakni sekitar 20 persen dari APBD Kobar.

"Anggaran besar itu kita manfaatkan untuk perbaikan sarana prasarasana di bidang pendidikan, baik itu untuk gedung, bangku sekolah, dan perlengkapan lainnya," jelasnya.

Bupati mengakui, saat ini masih banyak sekolah yang kondisinya memprihatinkan, dan menjadi PR bersama pemerintah ke depan, dalam membangun kabupaten menjadi lebih baik. Salah satunya yang menjadi perhatian bersama, Kecamatan Arut Utara yang masih terdapat sejumlah sekolah yang rusak dan perlu penanganan.

"Pemkab Kobar siap merehab gedung sekolah dan memenuhi segala kebutuhan agar proses belajar mengajar berjalan lancar, SD di Sukarami Kecamatan Arut Utara sudah siap ditangani pada anggaran 2019 mendatang."

Dia menambahkan, begitu pula dengan sekolah lainnya di Kobar, yang juga akan mendapat penanganan serupa. Saat ini Pemkab Kobar masih melakukan pendataan terhadap sejumlah sekolah, untuk dilakukan perbaikan fasilitas.

Pemkab Kobar juga akan melibatkan pihak perusahaan besar swasta yang beroperasi di Kobar untuk membantu sekolah-sekolah yang ada dalam hal pemenuhan sarana prasarana.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8347 seconds (0.1#10.140)