Perwira Siswa dari Negara Tetangga Kunjungi Museum Dirgantara

Selasa, 03 Juli 2018 - 01:00 WIB
Perwira Siswa dari Negara Tetangga Kunjungi Museum Dirgantara
Perwira Siswa dari Negara Tetangga Kunjungi Museum Dirgantara
A A A
SLEMAN - Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) di kompleks Lanud Adusutjipto, Yogyakarta menjadi rujukan kunjungan bagi institusi pendidikan, baik kedinasan maupun nonkedisnasan. Sejumlah perwira AU dari negara sahabat yang sedang mengikuti pendidikan Sekolah Staf Komando Angkatan Udara (Seskoau) juga mengunjungi museum ini, Senin (2/7/2018).

Tercatat ada enam perwira siswa (Pasis) Seskoau negara sahabat yang mengikuti kegiatan itu. Mereka berasal dari Australia, Malaysia, Singapura dan India. Kepala Muspusdirla Kol Sus Dede Nasrudin menerima rombongan yang dipimpin Kasi Evaldik Seskoau Letkol Kes Lalu Hadi Nur Syamsi tersebut.

Selain mendapatkan penjelasan tentang Muspusdirla, rombongan pasis Seskoau negara sahabat juga diajak keliling untuk melihat koleksi museum dan juga melihat film tentang TNI AU.

Kolonel Sus Dede Nasrudin mengatakan Muspusdirla bukan hanya sebagai tempat menyimpang koleksi pesawat dan hal lain yang berhubungan dengan TNI AU, tapi juga tempat untuk menanamkan nilai-nilai luhur sejarah perjuangan bangsa. Terutama nilai-nilai perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu TNI AU.

"Muspusdirla yang menempati areal seluas 5 hektare dengan luas bangunan sekitar 8.765 meter persegi ini menyimpan berbagai koleksi," kata Dede.

Tercatat ada 55 pesawat berbagai jenis, baik pesawat angkut, pesawat latih maupun pesawat tempur. Koleksi lain seperti Replika Dakota VT-CLA, Meriam Penangkis Serangan Udara, Peluncur Roket, Triple Gun, Peluru Kendali SA-75, Radar Darat Nysa. "Selain itu juga berbagai foto yang merekam sejarah dan peran TNI Angkatan Udara," paparnya.

Letkol Lalu Hadi Nur Syamsi menjelaskan kunjungan ke Muspusdirla sebagai rangkuman karya wisata di Yogyakarta. Selain Muspusdirla, tempat lainnya, yaitu Lanud Adisutjipto dan Akademi Angkatan Udara (AAU).
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0197 seconds (0.1#10.140)