Ciptakan 48 Inovasi, Komandan Koharmatau Raih Penghargaan Leprid

Rabu, 22 April 2020 - 18:53 WIB
loading...
Ciptakan 48 Inovasi, Komandan Koharmatau Raih Penghargaan Leprid
Komandan Koharmatau Marsda TNI Dento Priyono memperlihatkan penghargaan dari Leprid. FOTO : Dok Pribadi
A A A
SEMARANG - Prestasi membanggakan diraih Komando Pemeliharaan Materiil Angkatan Udara (Koharmatau) atas inovasi tiada henti yang ditunjukkan Kotama TNI AU setidaknya dalam setahun terakhir.

Ada 48 inovasi yang dilakukan Koharmatau bersama jajaran di bawahnya selama periode 2018-2019. Atas puluhan inovasi tersebut, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) mengapresiasi dengan memberikan penghargaan berupa piagam, medali dan piala kepada Komandan Koharmatau Marsda TNI Dento Priyono.

“Kami berikan penghargaan kepada Dankoharmatau Marsda TNI Dento Priyono selaku pemrakarsa dan pelaksana rekor inovasi kehormatan terbanyak, 48 inovasi dalam periode 2018-2019,” kata Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka dalam siaran pers, Rabu (22/4/2020).

“Dengan penghargaan ini, semoga menjadi inspirasi bagi efisiensi dalam mengelola dan memanfaatkan uang rakyat, apalagi disaat seperti ini. Marilah tetap berprestasi dalam suasana apapun,” pintanya.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga telah memberikan penghargaan kepada Koharmatau atas inovasi dan dedikasi yang sudah ditunjukkan. Penyerahan penghargaan diterima Marsda TNI Dento Priyono di Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur.

Penghargaan terakhir yang diterima Dankoharmatau ini terkait inovasi Koharmatau melalui Depo Pemeliharaan 20 (Depohar 20) dan Depo Pemeliharaan 30 (Depohar 30) dalam melaksanakan modifikasi dan rewiring engine test cell TPE 331 pesawat C-212 Cassa yang sudah ditambahkan fungsinya untuk pengetesan Engine M250 pesawat G120 TP-A Grob.

Dengan telah berhasilnya melaksanakan modifikasi dan rewiring engine test cell M250 pesawat G120 TP-A Grob secara mandiri dengan memanfaatkan sarfashar software dan sumber daya manusia yang ada, mampu menghemat biaya modifikasi dan rewiring engine test cell TPE 331 jika dibandingkan pengadaan engine test cell dan luar negeri.

Koharmatau dan Depo jajaran telah mampu melakukan inovasi sehingga pemeliharaan mesin dapat dilaksanakan secara mandiri tanpa harus bergantung kepada negara lain.

Melalui kerja keras dan inovasi para mekanik terbaik TNI AU dipimpin Dankoharmatau, telah mampu menyelesaikan inovasi berupa modifikasi yang ditambahkan fungsi untuk pengetesan atau uji fungsi mesin M250 pesawat G120 TP-A Grob oleh Depohar 20 dan Depohar 30. Kemudian pemeliharaan tingkat mesin M250 dapat dilaksanakan di Depohar 30 dan telah diuji coba serta disertifikasi oleh Dislambangjaau.

Dari hasil inovasi di atas TNI AU melalui Koharmatau telah mampu menghemat anggaran belanja negara terkait pemeliharaan alutsista TNI AU yang sebelumnya dilaksanakan di negeri lain (pihak ketiga).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)