Real Count Partai Demokrat, Appi-Cicu Tertinggal Kolom Kosong

Minggu, 01 Juli 2018 - 21:50 WIB
Real Count Partai Demokrat, Appi-Cicu Tertinggal Kolom Kosong
Real Count Partai Demokrat, Appi-Cicu Tertinggal Kolom Kosong
A A A
MAKASSAR - Partai Demokrat merilis perhitungan real count pemilihan wali kota (Pilwalkot) Makassar 2018. Hasilnya, pasangan calon (paslon) tunggal Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi (Appi-Cicu) tertinggal oleh perolehan suara kolom kosong.

“Hasil real count Partai Demokrat (100 persen) data semua di seluruh TPS di Makassar, menunjukkan posisi suara kolom kosong 52,98 persen, sementara paslon Appicicu 47,1 persen," ungkap Ketua DPC Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali, di Kafe Relly, Makassar, Minggu (1/7/2018).

Data tersebut, kata Ara sapaan akrabnya menjadi dasar partai untuk mengawal peroleh suara kolom kosong yang saat ini proses rekapitulasinya tengah berlangsung di 15 kecamatan.

Bahkan, komitmen partai besutan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengawal hasil perhitungan suara ke meja hijau, apabila berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Perlu kami tekankan bahwa dokumentasi hasil rekap suara di seluruh TPS telah kami pegang untuk 15 wilayah PAC," pungkas Ara.

Diketahui, Partai Demokrat merupakan partai pendukung Moh Ramdhan "Danny" Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) yang telah didiskualifikasi KPU Makassar dengan mengabaikan putusan hasil sidang musyarawah sengketa Pilkada Makassar oleh Panwaslu Makassar.

Partai Demokrat sendiri merupakan partai pemenangan petahana (Danny Pomanto) di Pilkada Makassar 2014-2018. DPP Demokrat pun menginstruksikan langsung melalui Sekjen DPP, Incha Panjaitan bahwa Demokrasi di Makassar harus terus dikawal sehingga suara rakyat tidak terpasung oleh kepentingan pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun banyak temuan indikasi pelanggaran sejak bergulirnya proses Pilwali 2018. Didiskualifikasinya Paslon Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang menuai kekecewaan sebagian besar masyarakat Makassar, namun tidak menyurutkan semangat Partai Demokrat untuk menjaga Pilkada Makassar tetap aman damai jujur dan adil.

"Kami dari awal sudah menyampaikan baik KPU, Panwas dan pihak keamanan agar tetap netral menjalankan fungsinya, jangan sampai memihak kepada paslon Appi cicu dan mengabaikan suara rakyat," ujar Ara.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)