1.225 Calon Jamaah Haji Sleman Ikut Manasik

Minggu, 01 Juli 2018 - 17:37 WIB
1.225 Calon Jamaah Haji Sleman Ikut Manasik
1.225 Calon Jamaah Haji Sleman Ikut Manasik
A A A
SLEMAN - Sebanyak 1.225 calon jamaah haji Kabupaten Sleman, DIY, mengikuti manasik haji di Stadion Tridadi Sleman Minggu (1/7/2018). Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun itu sebagai persiapan pelaksanaan haji tahun 2018. Calon jamaah haji asal terbagi dalam empat kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 21 SOC, kloter 25 SOC, kloter 26 dan kloter 27 SOC.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan, bimbingan dalam manasik haji merupakan persiapan penting bagi calon haji. Karena dengan manasik, para calon jamaah haji dapat mengetahui sekaligus mempraktekkan tata cara ibadah haji, sehingga rukun dan syarat sahnya ibadah haji dapat dilakukan dengan baik dan benar.

“Bimbingan manasik haji ini merupakan kunci penyelenggaraan ibadah haji yang juga ikut menentukan kemabruran haji seseorang. Jika mabrur haji seseorang maka diharapkan juga membawa pengaruh positif bagi kualitas kesalehan sosial,” kata Sri Muslimatun.

Selain itu, manasik haji ini juga bermanfaat untuk mempelajari rukun haji dan doa-doa sunnah mulai dari keluar rumah untuk melaksanakan ibadah haji sampai kembali lagi ke rumah. Sehingga calon jamaah haji tahu dan paham betul mana yang wajib, rukun, sunnah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji.

Hal senada diungkapkan Kasubag Mental Spiritual Bagian Kesra Pemkab Sleman Ichsanudin. Ia mengatakan maksud dan tujuan manasik haji ini, selain untuk memberikan bekal pengetahuan dan praktik pelaksanaan haji, juga gambaran tata cara pelaksanaan ibadah haji secara langsung kepada seluruh jamaah haji Kabupaaten Sleman serta agar saling mengenal diantara para calon jamaah haji dari Kabupaten Sleman.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3892 seconds (0.1#10.140)