Bupati Elisa Lepas 10 Calon Jemaah Haji Asal Asmat

Senin, 13 Juni 2022 - 14:42 WIB
loading...
Bupati Elisa Lepas 10 Calon Jemaah Haji Asal Asmat
Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Asmat Yohanes Nahak secara resmi melepas jemaah calon haji dari Kabupaten Asmat untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci
A A A
AGATS - Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asmat Yohanes Nahak secara resmi melepas jemaah calon haji dari Kabupaten Asmat untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Mekah.

Acara pelepasan dilangsungkan di beranda Masjid Saiful Bukhori Cemenes, Agats, Minggu (12/6/2022) yang dirangkai dengan halal bihalal 1443 H / 2022 M.

Elisa Kambu dalam sambutannya mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Asmat menyampaikan selamat dan sukses kepada ke-10 jamaah calon haji Kabupaten Asmat yang mendapat giliran untuk berangkat ke Tanah Suci di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Asmat dan masyarakat Kabupaten Asmat, Elisa menyampaikan selamat untuk 10 orang jama'ah calon haji yang terpilih dari banyak orang yang sedang menunggu gilirannya untuk berangkat ke Tanah Suci. "Yang paling penting adalah kita bersyukur karena walaupun sedikit kita tetap mendapatkan bagian untuk berangkat ke tanah suci," katanya.

Kepada jemaah calon haji, Bupati Elisa berpesan agar saling menjaga terutama diri dan nama baik Kabupaten Asmat. Ia juga mengingatkan agar selama proses ibadah haji, para jemaah calon haji dari Asmat perlu membangun komunikasi dan persahabatan yang baik dengan semua orang.

"Sebentar akan diserahkan bendera pataka Kabupaten Asmat, maka saudara-saudara akan menerima tanggung jawab yang lain yakni selain untuk diri sendiri tapi juga nama baik Kabupaten Asmat," tutur orang nomor satu di kabupaten berjuluk Kota Seribu Papan ini.

Sementara itu Yohanes Nahak dalam sambutannya menerangkan bahwa masa menunggu jemaah calon haji Kabupaten Asmat sebelum berangkat selama 10 tahun sejak pendaftaran awal pada periode April sampai dengan Juni 2012.

Sedangkan berdasarkan sistem komputerisasi atau Siskohat untuk wilayah Papua, Yohanes menyampaikan bahwa lama waktu menunggu untuk Papua adalah 23 tahun. Dengan demikian pemberangkatan jemah calon haji Kabupaten Asmat kali ini termasuk yang tercepat.

Jemaah calon haji dari Asmat akan berangkat ke embarkasi Makassar dan selanjutnya dilepas oleh gubernur setempat menuju Tanah Suci. Namun demikian semuanya baru terlaksana ketika tahapan dan prosesnya telah selesai diikuti termasuk test PCR/antigen sebelum berangkat. "Kita doakan semoga semua tahapan dan prosesnya berjalan lancar sampai di tanah suci," pungkas Yohanes.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Kapolres Asmat yang diwakili oleh Kasiwas Iptu Ambotaka, Komandan Pos BLK Agats dari Satgas Yonif Raider 600 Mulawarman, Anggota DPRD Asmat Hairula Bausad, Ketua MUI Asmat Nasaruddin Idris, Ketua LPTQ Asmat Syamsul Agas, Kepala Penyelenggara Pendidikan Haji dan Bimas Islam Kemenag Asmat Puniman, sejumlah Forkompimda Asmat serta tokoh agama Islam dan tamu undangan lainnya. CM
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1823 seconds (11.210#12.26)