Tabanan Luncurkan Sistem Parkir Elektronik se-Bali

Kamis, 28 Juni 2018 - 20:17 WIB
Tabanan Luncurkan Sistem Parkir Elektronik se-Bali
Tabanan Luncurkan Sistem Parkir Elektronik se-Bali
A A A
TABANAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan Bali menghadirkan sebuah inovasi terutama dalam sistem pembayaran parkir dengan meluncurkan sistem parkir elektronik atau e-parking secara resmi. Kota Tabanan menjadi kabupaten pertama dan satu-satunya di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara yang menerapkan sistem parkir elektronik tersebut.

Dalam peluncuran yang dihadiri langsung oleh Bupati Tabanan Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti, Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional, Pungky Purnomo Wibowo, Ketua Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, Causa Iman Karana dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, I Made Agus Harta Wiguna di Jalan Gajah Mada, belum lama ini.

“Saya mewakili masyarakat Tabanan ingin menjadikan Tabanan sebagai pelopor e-parkir Se-Bali dan Nusa Tenggara,"katanya dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (28/6/2018)

Menurut dia, program e-parkir merupakan bentuk dukungan Pemerintah terhadap gerakan nasional non tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia sejak tahun 2014 dan juga sebagai dorongan untuk pengembangan less cash society di Kabupaten Tabanan.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam penerapan program ini untuk mengajak seluruh komponen masyarakat Tabanan untuk mensukseskan pelaksanaan e-parkir ini. Semoga yang kami lakukan bisa menjadi inspirasi untuk daerah lain," papar Eka

Bupati Eka menambahkan bahwa parkir online merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan E-Goverment. Melalui sisitem E-parkir maka dapat meminimalisir potensi pungutan liar sehingga meningkatkan pendapatan asli daerah.

Kota Tabanan mulai memberlakukan sistem parkir online di sejumlah kawasan, mulai dari jalan umum (on street) hingga pelataran parkir (off street). “Terminal parkir elektronik, dipasang pada ruas jalan Gajah Mada Barat sebanyak 4 unit, Jalan Gajah Mada Timur sebanyak 4 unit, Jalan M.H Tamrin sebanyak 4 unit, Jalan Gunung Batur 2 unit, Jalan Melati 1 unit. Total terminal parkir yang terpasang di awal ini adalah sebanyak 15 unit,” tutur Eka.

Selain meluncurkan sitem parkir online, di kesempatan tersebut Bupati Eka pun menerima penghargaan dari Bank Indonesia atas peran aktifnya dalam menyukseskan GNNT melalui implementasi program elektronifikasi pembayaran parkir. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, Causa Iman Karana.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8608 seconds (0.1#10.140)