Pembersihan Area Bandara Kulonprogo Dikawal Aparat, Warga Pasrah

Kamis, 28 Juni 2018 - 15:16 WIB
Pembersihan Area Bandara Kulonprogo Dikawal Aparat, Warga Pasrah
Pembersihan Area Bandara Kulonprogo Dikawal Aparat, Warga Pasrah
A A A
KULONPROGO - PT Angkasa Pura I mengerahkan sedikitnya 12 alat berat untuk melanjutkan proses pembersihan lahan lokasi pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (28/06/2018). Alat berat digunakan untuk membersihkan tanaman milik warga yang menolak proyek bandara yang berada di kawasan Izin Penetapan Lokasi (IPL). Sempat terjadi kericuhan dengan petugas keamanan akibat penolakan warga.

Pembersihan lahan dikawal ketat petugas gabungan. Sejak pagi petugas sudah terlihat berada di lokasi yakni di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Tepat sekitar pukul 10.00 WIB, alat berat yang sudah disiapkan mulai bergerak. Alat-alat ini digunakan untuk membersihkan pohon kelapa, tanaman cabai milik warga serta tanaman lainnya.
Pembersihan Area Bandara Kulonprogo Dikawal Aparat, Warga Pasrah
Melihat hal itu, sejumlah warga berusaha menghalang-halangi alat berat tersebut. "Iki ora didol kok diembrukke (ini tidak dijual kok dirobohkan)," teriak warga. Namun usaha warga ini sia-sia, lantaran kalah jumlah. Warga yang sempat melawan hanya bisa melihat dari jauh tanaman mereka dirobohkan sambil meneteskan air mata.
Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution menegaskan mereka tetap mengedepankan langkah persuasif. Petugas hanya membatasi warga dengan alat berat yang digunakan untuk membersihkan lahan. Menurutnya, petugas gabungan ini berkekuatan 500 personel terdiri dari Polres Kulonprogo, Kodim, Sat Radar TNI AU, dan Satpol PP.

Anggara juga memastikan bahwa petugas gabungan tidak membawa senjata yang bisa membahayakan warga. "Kita kedepankan langkah persuasif," tegasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8055 seconds (0.1#10.140)