Ribuan Pasukan Gabungan Siap Amankan Pilkada di Minahasa dan Minahasa Tenggara

Rabu, 27 Juni 2018 - 02:09 WIB
Ribuan Pasukan Gabungan Siap Amankan Pilkada di Minahasa dan Minahasa Tenggara
Ribuan Pasukan Gabungan Siap Amankan Pilkada di Minahasa dan Minahasa Tenggara
A A A
MINAHASA - Jelang hari penceblosan Pemilukada serentak di dua wilayah Kodim 1302/Min yaitu Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Tenggara, Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Juberth Nixon Purnama mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan jalannya pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan Rabu (27/6/2018).

Kekuatan pasukan yang sudah disiapkan oleh Komandan Kodim 1302/Min yaitu, 250 Personel Makodim, ditambah pasukan BKO dari Yonif Raider 712/Wt sebanyak 60 personel, Denzipu-4/Ykn 50 personel, dan Kompi Kavileri berjumlah 30 personel sehingga jumlah kekuatan TNI yang dikerahkan sebanyak 390 personel yang di bagi di kedua wilayah yang melaksanakan Pemilukada.

Sementara itu, personil bantuan yang siap melaksanakan tugas bersama-sama dengan TNI pada pesta demokrasi tersebut berjumlah 2.910 orang, yang terdiri dari Linmas berjumlah 2.448 orang, dan jaring berjumlah 462 orang. Sementara itu untuk aparat kepolisian khusus wilayah Minahasa berjumlah 232 personel, dan untuk wilayah Minahasa Tenggara 340 personrl sehingga untuk jumlah aparat kepolisian di dua wilayah tersebut adalah 572 personel.

Dandim 1302/Min, Letkol Inf Juberth Nixon Purnama mengatakan pesta demokrasi ini adalah pesta rakyat dalam menentukan atau memilih pemimpinnya lima tahun mendatang.

“Oleh karena itu, saya selaku Komandan Kodim yang bekerja sama dengan kepolisian dalam hal ini Kapolres, berkomitmen bersama untuk mensukseskan jalannya pesta demokrasi tersebut,” ujar Dandim Purnama.

Oleh karena itu, menurut Purnama, seluruh anggotanya dalam hal ini Kodim 1302/Min, berikut ditambah lagi dengan pasukan BKO, seluruhnya dikerahkan untuk mengawal dan mengamankan jalannya pemungutan suara.

“Bukan hanya itu saja, pengamanan ini sudah kami laksanakan sejak masa kampanye sampai dengan penghitungan Suara hasil pemilu nanti,” tegasnya.

Dia berharap selama proses pemungutan suara hingga penghitungan hasil pemungutan suara berjalan dengan baik, aman dan dalam suasana yang kondusif.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5544 seconds (0.1#10.140)