Tentara OPM Tembaki Pesawat Pengangkut Brimob, Pilot Tertembak

Senin, 25 Juni 2018 - 14:23 WIB
Tentara OPM Tembaki Pesawat Pengangkut Brimob, Pilot Tertembak
Tentara OPM Tembaki Pesawat Pengangkut Brimob, Pilot Tertembak
A A A
NDUNGA - Pesawat Twin Otter Trigana PK YRU yang mengangkut sejumlah pasukan Brimob ditembaki Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) atau tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM), Senin pagi (25/6/2018) di Bandara Keneyam, Kabupaten Nduga. Akibat penembakan yang terjadi sekitar pukul 10.10 WIT tersebut pilot capt Ahmad Abdillah Kamil mengalami luka tembak di bagian punggung.
Tentara OPM Tembaki Pesawat Pengangkut Brimob, Pilot Tertembak

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Inf M Aidi Nubic mengatakan, pesawat yang ditembaki oleh KKSB tersebut adalah pesawat milik PT Semuwa Dirgantara Air yang dicarter untuk membawa personel Brimob untuk pengamanan pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang di Keneyam Ndunga, Papua. Pesawat dicarter dari Wamena untuk menuju Bandara Keneyam.

Pesawat tersebut dilaporkan membawa 15 penumpang dengan dua kru. Kru terdiri dari capt Ahmad Abdillah Kamil sebagai pilot dan copilot Lenius Wonda.

"Sekitar pukul 09.40 WIT pesawat Twin Otter Trigana PK - YRU landing di Bandara Keneyam, pesawat landing mulus. Lalu pukul 09.45 WIT pesawat menuju taxi out untuk parkir, tiba-tiba langsung di hujani tembakan, " kata Kapendam kepada SINDOnews, Senin (25/5/2018)

Kapendam menjelaskan, berdasarkan informasi pilot capt Ahmad Abdillah Kamil mengalami luka tembak pada bagian punggung.

"Diperkirakan pesawat dihujani tembakan dari arah kiri pesawat, dikarenakan korban luka tembak merupakan Pilot yang duduk di sebelah kiri pesawat," timpal Kapendam. Menurut Kapendam, korban dalam keadaan sadar dan sudah ditangani oleh tim medis.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2454 seconds (0.1#10.140)