Survei Indo Barometer, Elektabilitas Ridwan-UU Unggul dari Pesaing Lainnya

Rabu, 13 Juni 2018 - 16:59 WIB
Survei Indo Barometer,...
Survei Indo Barometer, Elektabilitas Ridwan-UU Unggul dari Pesaing Lainnya
A A A
JAKARTA - Indo Barometer merilis hasil survei elektabilitas calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Provinsi Jawa Barat tahun 2018. Hasilnya elektabilitas pasangan M Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum (RINDU) unggul dari pasangan cagub dan cawagub lainnya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari juga menambahkan pasangan lainnya antara lain Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (2DM). Lalu Sudrajat dan Ahmad Syaikhu (ASYIK). Serta Hasanuddin dan Anton Charliyan (HASANAH).

"Dengan simulasi menggunakan contoh surat suara, tingkat keterpilihan RINDU unggul dengan 36,9%, selisih dengan 6,8% dari pasangan 2 DM dengan nilai 30,1% . Sedangkan pasangan ASYIK sebesar 6,1%, lalu pasangan HASANAH, 5% dan yang tidak memilih atau masih merahasiakan sebesar 21,9% ", kata Qodari, di Hotel Harris Suites FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (20/06/18).

Qodari menyebut alasan pasangan RINDU unggul dari pasangan yang lainnya dinilai dari faktor berpengalaman serta kinerjanya bagus.

"Masyarakat Jawa Barat juga menilai pasangan RINDU di rasa lebih dekat dengan rakyat, dan juga terlihat cocok dengan visi dan misi yang sama dari keduanya," tambah Qodari. Pelaksanaan survei di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat yang meliputi 27 Kabupaten/Kota.

"Populasi survei ini adalah Warga Negara di Indonesia di Provinsi Jawa Barat, dan sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 atau lebih atau sudah menikah pada saat survei di lakukan," ujar Qodari.

Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of eror sebesar 2,83% . Mode penarikan Sampel yang digunakan multistage random sampling.

Waktu pengumpulan data pada tanggal 7 - 13 Juni 2018. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, tatapmuka responden menggunakan kuesioner.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)