Bandara Baru Semarang Bakal Dilengkapi Jalan Layang Khusus

Minggu, 27 Mei 2018 - 20:45 WIB
Bandara Baru Semarang Bakal Dilengkapi Jalan Layang Khusus
Bandara Baru Semarang Bakal Dilengkapi Jalan Layang Khusus
A A A
SEMARANG - Terminal baru Bandara Internasional Semarang, Jawa Tengah bakal dilengkapi infrastruktur jalan layang sebagai akses khusus.. Hal itu terungkap setelah Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berkeliling melakukan pengecekan infrastruktur pendukung terminal baru tersebut.

Meski pengoperasian bandara yang rencana mulai dibuka 2 Juni 2018 tersebut adalah kewenangan Kementerian Perhubungan, namun keduanya sepakat untuk bertanggung jawab penuh mendukung operasional bandara melalui sejumlah pembangunan infrastruktur. Salah satunya dengan membangun jalan layang khusus menuju bandara.

"Pengalaman yang terjai di bandara-bandara lain seperti Juanda dan Kualanamu jalannya tidak dikhususkan untuk bandara, padahal bandaranya bandara internasional.

Maka dari itu hari ini ada usulan dari pak wali untuk memanfaatkan Jalan Anjasmoro untuk menjadi jalan khusus ke bandara dengan elevated atau jalan layang," tutur Basuki, Minggu (27/5/2018).

Jalan layang tersebut rencananya akan dibangun mulai dari simpang empat jalan nasional (simpang Yos Sudarso) di ujung Jalan Anjasmoro, Kota Semarang hingga sampai ke bandara sejauh 1,2 kilometer (km).

Sedangkan untuk waktu pembangunannya, baik Basuki maupun Hendrar Prihadi sepakat mengupayakan penyelesaian secepatnya pada tahun ini juga. Namun Basuki belum memiliki rencana dibangunnya infrastruktur kereta api bandara untuk transportasi alternatif menuju bandara.

Meski demikian, masyarakat tak perlu khawatir, sebab wali kota Semarang tetap akan membangun light rail transit (LRT) monorel dari bandara ke pusat kota."Pembangunan LRT tersebut sudah sampai proses kajian, kita upayakan secepat mungkin dimulai pembangunan fisiknya. Tapi saat ini pun untuk keluar masuk area bandara sudah kita fasilitasi dengan BRT Trans Semarang koridor 5," ucap Hendrar

Hendrar juga mengungkapkan ke depan Bandara Internasional Semarang juga akan terkoneksi dengan tol Semarang - Demak dan Tol Semarang - Kendal. "Tadi juga pak menteri rencananya akan mengoneksikan Bandara dengan Tol Semarang ke Demak dan Semarang ke Kendal, sehingga saya rasa terkait akses pendukung sudah sangat mumpuni untuk sebagai bandara international," ujarnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7987 seconds (0.1#10.140)