Diserang KKB Papua, Bandara Aminggaru Ditutup Sementara

Sabtu, 19 Februari 2022 - 12:25 WIB
loading...
Diserang KKB Papua, Bandara Aminggaru Ditutup Sementara
Bandara Aminggaru di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua ditutup untuk sementara pasca penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Sabtu (19/2/2022). Foto/Antara
A A A
PUNCAK - Bandara Aminggaru di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua ditutup untuk sementara pasca penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Sabtu (19/2/2022).

Diserang KKB Papua, Bandara Aminggaru Ditutup Sementara

Praka Hermansyah, anggota Kopasgat yang mengalami luka tembak akibat diserang KKB dievakuasi ke Puskesmas Ilaga, Puncak, Papua. Foto/Pendam XVII/Cenderawasih

Serangan ini mengakibatkan Praka Fermansyah, anggota Kopasgat TNI AU terluka kena usai terkena tembakan.

Baca juga: Anggota Kopasgat yang Diserang KKB Ternyata Orang Asli Papua

"Memang benar akibat gangguan dan kontak tembak dengan KKB menyebabkan untuk sementara operasional Bandara (Aminggaru) ditutup," kata Kepala Unit Pengelolaan Bandar Udara (UPBU) Bandara Aminggaru Ilaga, Herman Sujito.

Dia menjelaskan bahwa saat kontak tembak terjadi di sekitar Bandara Aminggaru ada tiga pesawat yang siap mendarat. Namun akibat serangan dan gangguan keamanan yang dilakukan KKB, ketiga pesawat terpaksa kembali ke bandara asal.

"Tiga pesawat yang gagal mendarat di Bandara Aminggaru adalah pesawat Susi Air dari Nabire yang mengangkut penumpang, dan dua pesawat cargo dari Timika yakni Reven Air dan Smart Air," ungkap Herman Sujito.

Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro menjelaskan, kontak tembak di Bandara Aminggaru Ilaga terjadi sekitar pukul 07.30 WIT. Seorang prajurit Kopasgat TNI-AU yakni Praka Fermansyah terluka.

Baca juga: Penyerang Kopasgat di Bandara Aminggaru Papua Diduga KKB Kelompok Luki Murib

Korban sudah dievakuasi ke Puskesmas Ilaga, sambik menunggu kedatangan helikopter yang akan mengevakuasi korban ke Timika.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1137 seconds (10.55#12.26)