Dinas Peternakan Kobar Pastikan Stok Daging Sapi Selama Ramadhan Aman

Senin, 14 Mei 2018 - 16:51 WIB
Dinas Peternakan Kobar Pastikan Stok Daging Sapi Selama Ramadhan Aman
Dinas Peternakan Kobar Pastikan Stok Daging Sapi Selama Ramadhan Aman
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng menjamin ketersediaan stok daging sapi selama bulan Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri 1439 H. Pihak dinas mengaku ketersedian kebutuhan pokok selama Ramadhan seperti daging sapi, telur, dan daging ayam, aman.

Kepala DPKH Kobar Rosehan Pribadi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi bersama peternak besar, peternak individu, termasuk koperasi jangan sampai ada kekurangan stok kebutuhan pokok.

"Kita sudah membahas besama, dan sudah disepakati. kita menjamin ketersediaan stok daging sapi selama Ramadhan hingga Idul Fitri di Kobar aman," kata Rosihan di ruang kerjanya, Senin (14/5/2018).

Mengacu data tahun 2017 lalu, kebutuhan daging sapi di Kabupaten Kobar mencapai 400 ekor sapi, angka tersebut dicatat mulai 1 Ramadhan hingga hari H.

"Jumlahnya di awal Ramadhan standar mulai dari 6 ekor, terus naik hingga menjelang Ramadhan, secara berangsur-angsur dan pada H-3 hingga hari H bisa mencapai 50-70 ekor per hari," jelasnya.

Rosihan menambahkan, sejauh ini koordinasi dengan peternak besar seperti perusahaan, dan peternak lainnya termasuk koperasi telah berjalan dengan baik, dan pihaknya sudah memeritahkan untuk mitra terkait menghitung ketersediaan sapi siap potong milik perusahaan, peternak individu serta lainya.

"Kamarin sudah diputuskan, dan sepakat antara peternak, asosiasi jagal, dan koperasi, untuk mebuat kesepahaman yakni menyediakan 450 hingga 500 ekor sapi siap potong, stok selama Ramadhan," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4284 seconds (0.1#10.140)