Hindari Material Longsor, Truk Ini Terguling ke Sungai

Selasa, 24 April 2018 - 17:38 WIB
Hindari Material Longsor, Truk Ini Terguling ke Sungai
Hindari Material Longsor, Truk Ini Terguling ke Sungai
A A A
AGAM - Tanah longsor terjadi di ruas jalan lintas provinsi dari Padang-Medan, tepatnya di Kilometer 10 Batu Gadang, Jorong Muaro, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (24/4/2018) pagi. Longsor mengakibatkan satu unit truk bernomor polisi B 9395 U bermuatan makanan ringan jatuh ke sungai dari ketinggian lima meter.

Syahrul, kernet truk, menyebutkan, kejadian berawal saat truk dari arah Pasaman menuju Bukittinggi melintas di tempat kejadian. Material longsor berupa tanah dan bebatuan dari tebing di pinggir jalan yang longsor menutupi hampir seluruh badan jalan.

Saat menghindari material longsor, pengemudi truk mengambil jalan terlalu ke kiri sehingga ban mobil sebelah kiri berjalan di tanah tebing yang labil di pinggir sungai. Truk pun langsung terguling jatuh ke sungai.

"Karena longsor itu rupanya ambil jalan terlalu ke kiri makanya jatuh ke sungai. Tidak ada korban," katanya.

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. Pengemudi truk yang mengalami luka ringan dibawa ke Puskesmas Palupuh. Hingga Selasa sore, truk belum dievakuasi. Petugas bersama warga masih terus membersihkan materal longsor secara manual.

Selama pembersihan material longsor, kepolisian memberlakukan sistem buka tutup. Kemacetan arus kendaraan dari Bukittinggi menuju Pasaman dan sebaliknya mencapai lima kilometer.

Kapolsek Palupuh Iptu Purwanta mengatakan, pembersihan material longsor diperkirakan selesai menjelang magrib. Selasa malam nanti arus lalu lintas diperkirakan kembali normal.

Petugas mengimbau pengendara yang melintas di jalan ini agar tetap waspada longsor karena hujan masih terus mengguyur kawasan ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7120 seconds (0.1#10.140)
pixels