Pabrik Tinta di NIP Ngoro Terbakar, Terdengar Beberapa Kali Ledakan

Rabu, 04 April 2018 - 13:46 WIB
Pabrik Tinta di NIP Ngoro Terbakar, Terdengar Beberapa Kali Ledakan
Pabrik Tinta di NIP Ngoro Terbakar, Terdengar Beberapa Kali Ledakan
A A A
MOJOKERTO - Kebakaran hebat terjadi di salah satu pabrik yang berada di kawasan Ngoro Industrial Park (NIP) Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (4/4/2018). Beberapa kali ledakan terjadi saat kebakaran yang membuat ludes gudang produksi PT DIC Graphic itu.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, kebakaran terjadi pukul 09.00 di gudang produksi. Api terus membesar dan sulit dipadamkan petugas security pabrik. Api semakin membesar setelah terjadi beberapa kali ledakan yang menyulut bagian atap bangunan.

Sekitar satu jam setelah kejadian, sejumlah mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman. Sayangnya, hingga pukul 12.00, api tak juga berhasil dipadamkan kendati upaya pemadaman dengan menambah jumlah mobil pemadam kebakaran terus dilakukan. Kepulan asap juga membumbung tinggi dari gudang pabrik yang berada di Blok D/3C itu.

Beruntung, sejumlah karyawan pabrik berhasil diselamatkan sebelum api menjalar ke seluruh gudang bagian produksi. Selain menghanguskan seluruh isi gudang produksi, kebakaran ini juga menyebabkan ambruknya tembok dan atap pabrik. "Tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian materiil saja," kata Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata di lokasi kejadian.

Polisi juga masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Hanya saja, kata Leonardus, dugaan sementara karena adanya arus pendek listrik. Namun untuk kepastiannya, pihaknya akan mendatangkan Tim Labfor. "Kita lihat tadi ada kabel panjang dari ujung belakang. Nantilah kepastiannya setelah Tim Labfor turun."

Soal adanya ledakan, Kapolsek Ngoro Kompol Khoirul Anam tak menampiknya. Diduga, ledakan berasal dari thinner yang menjadi salah satu bahan produksi tinta. Ia memastikan, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Karena, saat kali pertama api muncul, karyawan dievakuasi ke luar area pabrik.

"Semua karyawan selamat, sekitar 30 orang. Memang ada ledakan, sekitar tiga kali saat kebakaran berlangsung."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5012 seconds (0.1#10.140)