Calista, Bayi Yang Tidak Diinginkan Oleh Ibunya

Minggu, 25 Maret 2018 - 13:50 WIB
Calista, Bayi Yang Tidak...
Calista, Bayi Yang Tidak Diinginkan Oleh Ibunya
A A A
KARAWANG - Calista, bayi berusia 1 tahun 6 bulan yang meninggal dunia akibat dianiaya ibu kandungnya, S (27), selama ini memang menjadi sasaran pelampiasan kekesalan ibunya. Tekanan ekonomi luar biasa yang harus dijalani S untuk menjadi ibu sekaligus juga seorang ayah membuatnya gelap mata.

Bukan hanya itu yang menyebabkan S gelap mata. Ternyata, terungkap bahwa Calista adalah bayi yang tidak diharapkan lahir oleh ibunya.Fakta itu terungkap ketika Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Jawa Barat Diah Momon melihat langsung kondisi bayi Calista dan berbicara dengan ibu kandungnya. Diah Momon mengatakan, dirinya sempat berbicara langsung dengan S, orang tua korban.

"Kemarin saat meninjau bersama jajaran Kepolisian dan Komnas PA pusat saya tanyakan kemungkinan Calista akan diasuh orang lain, ibunya tidak keberatan. Setelah kita gali lebih dalam lagi ternyata dalam tanda kutip ya, Calista itu bukan anak yang diinginkan oleh ibunya," kata Diah saat berkunjung ke RSUD Karawang, Jumat (23/3/2018).

Diah mengatakan secara pribadi saat dirinya bertanya kepada Ibu korban apakah bersedia menyerahkan hak asuh kepadanya, ibu korban tidak keberatan. Diah mengatakan, dilihat dari sudut ekonomi, kehidupan keluarga S saat ini memang memprihatinkan.

Dia berperan sebagai ibu sekaligus ayah karena harus menghidupi Calista dan seorang anak lainnya. Jadi dilihat dari aspek ekonomi, S memang tidak mampu, karena tidak punya suami yang menafkahi dirinya dan anak-anaknya.

"Penganiayaan terhadap Calista yang dilakukan S, hasil penyelidikan Kepolisian setempat, dikatakan motifnya ekonomi. Ketika ia terimpit kebutuhan ekonomi, psikisnya tertekan, sehingga melampiaskan kekesalannya kepada anaknya. Dan ternyata, memang Calista ini dikatakan ibu korban 'bukanlah anak yang diinginkan'," kata Diah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2065 seconds (0.1#10.140)