Posko Karhutla Dibangun di Lokasi Kebakaran

Jum'at, 23 Februari 2018 - 11:46 WIB
Posko Karhutla Dibangun...
Posko Karhutla Dibangun di Lokasi Kebakaran
A A A
PANGKALAN BUN - Meski kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jalan Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah mulai berkurang setelah dua hari diguyur hujan, tim Satgas Karhutla terus mengantisipasi api dengan mendirikan posko di lokasi kebakaran, Jumat (23/2/2018).

"Posko karhutla di kilometer 13 arah Kolam sebagai antisipasi jika api kembali membesar. Sebab meski bagian atas sudah padam pascadiguyur hujan, namun lahan gambut biasanya di dalamnya masih terbakar. Jadi kita harus tetap mengantisipasi," ujar Danramil 01 Arut Selatan Kapten Sumarna kepada MNC Media, Jumat (23/2/2018).

Sumarna menjelaskan, hari ini berdasarkan laporan dari BMKG Bandara Iskandar Pangkalan Bun, hotspot di Kotawaringin Barat nihil. Namun, hal ini tidak lantas tim satgas karhutla berdiam diri. Petugas harus siaga 24 jam.

"Tim Satgas Karhutla yang terdiri dari BPBD, Manggala Agni, SAR, damkar, relawan, serta TNI Polri harus terus siaga untuk mengantisipasi apabila api kembali membesar. Sebab hujan tidak turun terus menerus namun hanya sementara saja."

Terpisah, Kepala BMKG Bandara Iskandar Pangkalan Bun Lukman Soleh mengatakan, hari ini berdasarkan pantauan satelit Terra Aqua di wilayah Kotawaringin Barat nihil hotspot.

"Hari ini tidak ada hotspot, tapi harus tetap diantisipasi karhutla. Sebab hujan turun tidak berlangsung lama dan tidak begitu deras," ujar Lukman saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, Bupati Kobar Nurhidayah menerbitkan SK Darurat Siaga Karhutla di Kotawaringin Barat. Hal ini dilakukan supaya penanganan karhutla bisa lebih maksimal. "Kami juga sudah meminta bantuan heli water boombing ke Provinsi Kalteng jika api terus membesar," ujar Wabup Kobar Ahmadi Riansyah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9210 seconds (0.1#10.140)