BEM Siap Awasi Pilkada Jatim

Rabu, 21 Februari 2018 - 19:19 WIB
BEM Siap Awasi Pilkada Jatim
BEM Siap Awasi Pilkada Jatim
A A A
SURABAYA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jawa Timur (Jatim) minta dilibatkan dalam pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Jatim. Tujuannya, agar proses demokrasi lima tahunan ini bisa berjalan aman, cerdas, damai dan tanpa politik uang (money politics).

Hal itu disampaikan Presiden BEM Universitas Negeri Surabayan (Unesa), Ahmad Nur Fuad usai acara Cangkrukan Forkompimda bersama Presiden BEM se-Jatim di aula Bhayangkari Polda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Rabu (21/2/2018).

Dia menegaskan, dalam pilkada BEM tidak ada keberpihakan dukung-mendukung pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jatim. Mahasiswa hanya menginginkan tidak ada kampanye hitam. "Kami siap terlibat dalam pengawasan pilkada serentak di Jatim," katanya.

Mahasiswa, lanjut dia, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, siap mengambil bagian dalam proses demokrasi yang beradab. Pihaknya berharap masing-masing pasangan calon kampanye yang konstruktif dan dialogis.

Pihaknya juga siap berpartisipasi aktif mengawasi kinerja kepemimpinan kandidat terpilih selama lima tahun ke depan. "Kami juga siap bergandengan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengawasi pilkada. Kami ingin pilkada ini menjadi ajang pemilihan yang berkualitas dan bermartabat, demi kemajuan Jatim," tandasnya.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, mahasiswa memiliki hak berpartisipasi dalam pilkada damai. Pihaknya menyambut baik keinginan mahasiswa yang ingin terlibat untuk menciptakan pilkada damai, lancar dan cerdas. Menurutnya, pilkada cerdas adalah memahami kepentingan rakyatnya.

"Mahasiswa mau menjadi relawan dalam pengawasan pilkada itu bagus. tu cerdas, mantap itu," katanya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengapresiasi keinginan dan sikap dari mahasiswa, yang menginginkan pilkada di Jatim berlangsung damai. Dalam acara cangkrukan ini, pihaknya mengundang forkompimda, penyelenggara pemilu, untuk mendukung pilkada damai.

Pihaknya berharap agar komunikasi dengan BEM terus dilanjutkan. In untuk mendukung terciptanya pilkada aman, damai, lancar dan cerdas. "Kita mengundang BEM, KPU, Bawaslu untuk ikut berpartisipasi bisa menyelanggarakan pilkada yang baik, aman, lancar," ujarnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7394 seconds (0.1#10.140)