Salah Sebut Jabatan Calon, Ketua KPU KBB Disoraki

Selasa, 13 Februari 2018 - 02:00 WIB
Salah Sebut Jabatan Calon, Ketua KPU KBB Disoraki
Salah Sebut Jabatan Calon, Ketua KPU KBB Disoraki
A A A
BANDUNG BARAT - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Iing Nurdin mendapatkan perlakuan tidak mengenakan saat rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat di Kantor KPU KBB, Jalan Raya Tagog Apu Padalarang, Senin (12/2/2018).

Gara-garanya dia salah menyebutkan jabatan salah seorang bakal calon yang sangat fatal. Kejadian terjadi saat bakal calon wakil bupati Maman S Sunjaya yang datang terlambat masuk ke aula tempat acara.

Iing kemudian menyapa yang bersangkutan dengan ucapan 'Selamat datang kepada wakil bupati'. Sontak saja hal tersebut membuat massa pendukung dari pasangan calon lain protes.

"Wah, sebutan wakil bupati itu kesalahan fatal karena semua kandidat di sini masih bakal calon. Apalagi ini terucap pada rapat resmi, semoga saja itu bukan disengaja," kata salah seorang pendukung dari kandidat yang menjadi lawan pasangan Elin-Maman S Sunjaya.

Massa yang tidak terima dengan kesalahan Ketua KPU Iing Nurdin lalu menyoraki dan memprotes hal tersebut. Mendapatkan sorakan itu Iing pun langsung merespons dengan meminta hadirin untuk tenang. "Ini hanya kesalahan pengucapan, jadi harap maklum dan jangan dipolitisi," kata Iing membela diri.

Sebelum kejadian itu Iing lebih dulu sempat memperingatkan massa pendukung dari pasangan Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan untuk menahan yel-yel dukungan. Pasalnya seusai balon Bupati Aa Umbara memberikan tanggapan terhadap keputusan penetapan oleh KPU, massa pendukung dengan jargon Akur ini langsung meneriakan pekikan dukungannya. "Mohon ditahan dulu teriakannya karena saat ini belum waktunya," kata Iing.

Sementara itu KPU KBB, menetapkan tiga paslon bupati dan calon bupati yang bertarung di Pilkada KBB. Mereka adalah paslon Aa Umbara-Hengky Kurniawan yang diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, PAN dan PKS. Lalu Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati didukung Partai Golkar, Gerindra dan Partai Hanura, serta paslon Elin Suharliah-Maman Sulaeman Sunjaya yang diusung PDIP, PKB, dan PPP.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3963 seconds (0.1#10.140)