Zulkifli Hasan dan Cak Imin Berebut Massa Mataraman

Selasa, 06 Februari 2018 - 21:48 WIB
Zulkifli Hasan dan Cak Imin Berebut Massa Mataraman
Zulkifli Hasan dan Cak Imin Berebut Massa Mataraman
A A A
KEDIRI - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zukifli Hasan turun gunung untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. Bersama Khofifah, Zulkifli memimpin langsung konsolidasi partai di Hotel Insumo, Kota Kediri.

Di depan seluruh pengurus dan kader PAN se eks-Karesidenan Kediri, Zulkifli yang juga Ketua MPR meminta komitmen untuk memenangkan paslon Khofifah-Emil. “PAN menjadi kunci penentuan kemenangan di Jawa Timur. PAN di Jawa Timur sangat besar,” ujarnya saat konsolidasi kader PAN se eks-Karesidenan Kediri, Selasa (6/2/2018).

Konsolidasi sekaligus deklarasi bertajuk Tekad Kemenangan se Jatim PAN. Khofifah memuji gerak cepat Zulkifli Hasan dalam memimpin langsung konsolidasi partai di Jawa Timur. Tidak hanya itu. Untuk memenangkan Khofifah-Emil, Zulkifli akan blusukan, keliling Jawa Timur. “Di sini ketua umum (Zulkifli Hasan) akan mengomando sendiri,” ujar Khofifah.

Menyinggung kawasan Mataraman (eks-Karesidenan Kediri dan eks-Karesidenan Madiun), Khofifah mengklaim pasangan calon Khofifah-Emil telah tuntas melakukan komunikasi dengan warga di sana. Dia percayakan hal itu (komunikasi) kepada Emil Dardak.

Soal itu, Emil telah melakukan konsolidasi politik dengan Agus Harimurti Yudhoyono dari Partai Demokrat. Setelah bersama Zulkifli, Khofifah langsung meluncur ke Kabupaten Tulungagung. Di Ponpes Hidayatul Mubtadiin Kecamatan Ngunut, dia berkonsolidasi dengan jamaah Muslimat NU. Sedangkan Zulkifli Hasan langsung bertolak ke Kabupaten Trenggalek untuk bertemu Emil Dardak.

Tak berselang lama, Ketua Umum PKB Muhaimim Iskandar (Cak Imin) juga ke Kediri. Bersama pasangan calon Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno, Cak Imin melakukan konsolidasi di Ponpes Lirboyo Kota Kediri. Lirboyo merupakan basis kekuatan Gus Ipul di wilayah eks-Karesidenan Kediri. Pertemuan yang melibatkan para pengasuh (ponpes) bertempat di aula Muktamar Ponpes Lirboyo.

Dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 500 orang, tampak para ibu nyai (istri kyai) sejumlah ponpes. Cak Imin meminta bantuan dan dukungan, yakni lingkungan pesantren dan masyarakat sekitar untuk memenangkan pasangan calon Gus Ipul-Puti. “Dalam hal ini kami juga ingin mengenalkan Ibu Puti kepada para pengasuh pesantren,“ ujar Cak Imin.

Pertemuan ditutup dengan pembacaan ikrar perjuangan. Ikrar yang berisi empat janji paslon Gus Ipul-Puti jika terpilih, dibaca di depan para kiai dan ibu nyai. Adapun isi empat ikrar itu adalah, pertama akan memperkuat pendidikan agama dan menjamin kelestarian tradisi pendidikan pesantren.

Kedua, memajukan ekonomi santri melalui pelatihan, ketiga pendampingan dan memperluas pendidikan. Kemudian empat memfasilitasi berdirinya badan usaha pesantren.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)