Warga Bukit Tinggi Saksikan Fenomena Supermoon di Taman Jam Gadang

Rabu, 31 Januari 2018 - 20:22 WIB
Warga Bukit Tinggi Saksikan...
Warga Bukit Tinggi Saksikan Fenomena Supermoon di Taman Jam Gadang
A A A
BUKIT TINGGI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat memilih lokasi pengamatan gerhana bulan total (super blue blood moon) di Kawasan Wisata Taman Jam Gadang Kota Bukit Tinggi. BMKG Padang Panjang sengaja memilih lokasi wisata yang sudah terkenal ini karena juga ditujukan sebagai sarana dan memanfatkan momen ini untuk edukasi kepada masyarakat, wisatawan dan pelajar.

BMKG Padang Panjang menjadikan kawasan Taman Jam Gadang di Pusat Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat sebagai lokasi pengamatan gerhana bulan (super blue blood moon), Rabu malam (31/1/2018). Persiapan di land mark kota wisata ini sudah dilakukan sejak Rabu sore.

Kepala BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono menyebutkan, BMKG Padang Panjang membawa satu unit teropong atau telescope ke lokasi pengamatan untuk pengamatan. Hasil pengamatan ditampilkan di layar lebar.

Tampilan proses terjadinya gerhana pada layar ini dimanfaatkan untuk agar dapat diamati bersama masyarakat, wisatawan dan pelajar yang memadati kawasan Taman Jam Gadang.

“Kami tidak hanya untuk melakukan pengamatan saja tapi kami ingin memberikan edukasi pada masyarakat khususnya warga Bukit Tinggi dan tidak hanya ke wisatawannya saja karena ini merupakan objek wisata yang sudah terkenal. Maka kami pilih lokasi ini adalah untuk sekaligus memberikan edukasi tentang gerhana bulan itu sendiri,” kata Triyono.

Selain BMKG pengamatan juga dilakukan oleh pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bukik Koto Tabang Agam di Kawasan Lapangan Wirabraja.

Di lapangan ini, Lapan juga menyediakan layar lebar agar masyarakat di sekitar lokasi dapat menyaksikan proses terjadinya tiga fenomena langit yang terjadi sekaligus dalam satu momen yang hanya terjadi satu kali dalam abad ini.

Sementara itu saat terjadinya gerhana bulan pihak Pemerintah Kota Bukit Tinggi mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan salat khusuf yaitu salat gerhana saat fenomena ini terjadi.

Salat gerhana dilakukan di seluruh masjid yang ada di Kota Bukit Tinggi dengan pusat pelaksanaan yang diikuti oleh Wali Kota Bukit Tinggi di Masjid Agung Tangah Sawah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2469 seconds (0.1#10.140)