Polisi Kantongi Indentitas Pelaku Hoax Gempa Lebak

Rabu, 31 Januari 2018 - 17:50 WIB
Polisi Kantongi Indentitas Pelaku Hoax Gempa Lebak
Polisi Kantongi Indentitas Pelaku Hoax Gempa Lebak
A A A
SERANG - Setelah melakukan penyelidikan, Polda Banten akhirnya mengetahui identitas pelaku penyebaran informasi hoax terkait akan adanya gempa susulan di Kabupaten Lebak.

"Soal hoax, kita sudah memperoleh identitas pelaku. Dalam waktu dekat akan kita ambil langkah-langkah," kata Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Direktur Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Pol Abdul Karim mengungkapkan, pihaknya sudah memintai keterangan dari empat orang saksi yakni P, S, PM, BK yang diketahui memviralkan informasi hoax tersebut.

"Indikasi ada 4 orang, yang memviralkan sudah lakukan pendalaman, dan sekarang kita kembangkan niatnya, siapa dengan sengaja melakukan upaya membikin suasana gaduh," kata Abdul Karim.

Berdasarkan pemeriksaan, penyebaran informasi hoax itu diketahui melalui 3 grup WhatsApp. Kemudian disebar oleh salah satu saksi dan diviralkan di media sosial Instagram.

Sementara itu, BMKG Serang sudah menyatakan bahwa surat yang diedit merupakan surat resmi tentang tinggi gelombang dan cuaca yang dikeluarkan intitusinya yang dikirim secara rutin kepada orang dan kalangan tertentu.

"Jadi surat itu tidak tersebar secara umum, terbatas. Nah, siapa yang memanfaatkan surat ini, masih kita kembangkan," ujarnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3536 seconds (0.1#10.140)