Satgas Perbatasan Gagalkan Penyelundupan 250 Liter BBM ke Timor Leste

Rabu, 31 Januari 2018 - 09:15 WIB
Satgas Perbatasan Gagalkan Penyelundupan 250 Liter BBM ke Timor Leste
Satgas Perbatasan Gagalkan Penyelundupan 250 Liter BBM ke Timor Leste
A A A
KEFAMENANU - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Sektor Barat asal Yonif 715/Motuliato menggagalkan upaya penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar sejumlah 250 liter di jalan tikus yang kerap digunakan warga Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Proses penemuan BBM ilegal itu diperoleh saat enam orang anggota Pos TNI Napan melakukan pengendapan setelah memperoleh informasi dari warga sekitar yang mengetahui adanya upaya penyelundupan yang dilakukan oleh warga lainnya.

Uniknya, modus yang dilakukan warga adalah menutup permukaan BBM yang dikemas dalam jeriken itu menggunakan daun sehingga tidak kelihatan dengan maksud untuk mengelabui petugas Satgas Perbatasan.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Mayor Inf Farid Yudis Purwanto menjelaskan, saat anggotanya hendak menangkap dua orang yang membawa BBM tersebut tiba-tiba keduanya berhasil melarikan diri dan meninggalkan puluhan jeriken berisi BBM.

"BBM yang dikemas dalam jeriken ukuran 5 liter dengan jumlah 250 liter jenis solar dan BBM jenis premium kemudian diamankan di Pos Napan dan selanjutnya akan dibawa ke Makosatgas di Eban," jelas Farid Yudis Purwanto, Rabu (31/1/2018).

Menurut Farid, penggagalan penyelundupan BBM ini merupakan pertama kali dilakukan sejak kesatuan Yonif 715/Motuliato mendapat tugas melakukan pengamanan di garis perbatasan-Indonesia Timor Leste Sektor barat yang meliputi tiga kabupaten yakni Kupang,TTU, dan Malaka.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3208 seconds (0.1#10.140)