Wisudawan UMTS Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Kamis, 25 Januari 2018 - 11:25 WIB
Wisudawan UMTS Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja
Wisudawan UMTS Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M Pasaribu, meminta seluruh wisudawan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Jangan hanya bersifat mencari kerja, tapi wisudawan ini harus mampu menciptakan lapangan kerja sendiri,” ujar Syahrul di hadapan ratusan wisudawan angkatan 51 tahun 2018, di Aula kampus UMTS, Jalan Sutan Muhammad Arief Nomor 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Rabu (24/1/2018).

Syahrul menjelaskan, selama menjalani pendidikan di akademis, para alumnus sudah ditempa dengan berbagai ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing. Sehingga, politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menyakini bahwa wisudawan tersebut sudah mampu untuk bersaing dan menciptakan lapangan pekerjaan.

”Jadikan ilmu yang didapat selama kuliah berguna untuk diri sendiri maupun untuk orang lain,” ujarnya.

Dia mengatakan, selama ini UMTS sudah banyak melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berkiprah di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. “Mantan mahasiswa UMTS banyak yang berkiprah di bidang politik, pejabat negara, sehingga harus jadi motivasi bagi mahasiswa yang lain,” ujarnya.

Dia berpesan kepada alumnus yang sudah terlebih dahulu berhasil agar lebih memperhatikan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari UMTS.

Syahrul juga berharap kepada para lulusan UMTS agar jangan hanya bercita-cita untuk menjadi PNS saja, tapi ciptakanlah profesi yang lain atau buka lapangan kerja baru. “Tetaplah semangat dalam menggapai cita-cita dalam meraih masa depan,” pesan Syahrul.

Rektor UMTS Muksana Pasaribu MA mengatakan, tantangan alumni saat ini semakin besar dan berat. Tingginya jumlah pencari kerja yang tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja yang ada, menjadi problem utama yang harus dihadapi mahasiswa begitu menyelesaikan studi.

“Alumni harus berani melakukan terobosan baru yang tidak saja dapat mengentaskan dirinya sendiri, tapi juga dapat membantu orang lain memperoleh kesempatan kerja,” kata Muksana.

Peserta Wisuda UMTS Angkatan Ke-51 Tahun 2018 sebanyak 290 orang dengan rincian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 9 orang, Bahasa Inggris 15 orang, PKN 5 orang, Ekonomi 38 orang, Matematika 10 orang, Biologi 36 orang, Fisika 16 orang, Kimia 14 orang, Bimbingan Konseling 18 orang, Ilmu Administrasi Negara 25 orang, Ilmu Hukum 65 orang, Agroteknologi 25 orang, Peternakan 6 orang, dan Pendidikan Agama Islam 8 orang.
Wisudawan UMTS Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0202 seconds (0.1#10.140)