Pemprov Banten Siapkan Bantuan Bagi Korban Gempa Lebak

Rabu, 24 Januari 2018 - 13:14 WIB
Pemprov Banten Siapkan Bantuan Bagi Korban Gempa Lebak
Pemprov Banten Siapkan Bantuan Bagi Korban Gempa Lebak
A A A
SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan sudah menyiapkan dana bantuan pembangunan rumah untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Lebak yang rusak.

Wahidin prihatin atas kejadian bencana gempa bumi yang melululantahkan Kabupaten Lebak. Untuk itu, Pemprov Banten sudah merencanakan memberikan bantuan berupa uang tunai maupun pembangunan rumah kembali.

"Kita akan perbaiki, kita lagi (siapkan) dana bencana, kita lagi konsolidasi, berapa bentuk uang kita bantu, atau kita bangun kembali rumahnya," kata Wahidin, Rabu (24/1/2018).

Sejauh ini, mantan Wali Kota Tangerang itu sudah memerintahkan Wakil Gubernur Andika Hazrumy bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar terus melakukan pendataan kerusakan baik itu rumah, sekolah dan rumah ibadah.

Nantinya, pemberian bantuan akan dikelompokan tergantung kerusakannya. "Anggaran tergantung inventariasi tingkat kerusakan. Ada rusak ringan dan berat," ujarnya.

Data terakhir, Sebanyak 1.231 unit bangunan mengalami kerusakan di Lebak. 1125 rusak ringan (RR), 106 rusak berat (RB) tersebar di 16 Kecamatan.

BPBD Lebak mencatat di Kecamatan Bayah ada 118 (RR), 24 (RB), Wanasalam 61 (RR) 2 (RB), Panggarangan 92 (RR), Cilograng 107 (RR) 42 (RB).

Selanjutnya, Lebak Gedong 49 (RR), Sobang 2 (RR), Cimarga 5 (RR), Sajira1 (RR), Cirinten 6 (RR) 1 (RB), Cihara 1 (RR) 4 (RB), Bojong Manik 15 (RR), Cijaku 140 (RR), Cigemblong 9 (RR), Cibadak 1 (RR), Cibeber 2 (RR), Malimping 518 (RR) 31 (RB).

Selain rumah warga yang rusak akibat gunangan gempa 6,1 sekala richter, sarana umum yakni tiga unit sekolah, satu unit Masjid lima unit Musala RR di Kecamatan Wanasalam. Satu SDN, satu unit SMP RR di Kecamatan Sajira.

Dua unit SDN dan satu unit SMP di Kecamatan Cibeber. Dua unit SD, satu Diniyah, satu MTS, satu MA, empat unit Musala, satu unit Masjid RR dan satu Masjid RB.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0285 seconds (0.1#10.140)