Pelajar SMK Muhammadiyah Tewas Mengambang di Waduk Kedungombo

Senin, 22 Januari 2018 - 22:23 WIB
Pelajar SMK Muhammadiyah Tewas Mengambang di Waduk Kedungombo
Pelajar SMK Muhammadiyah Tewas Mengambang di Waduk Kedungombo
A A A
SEMARANG - Seorang pelajar SMK Muhammadiyah bernama Arjuna Rinaldhi (16), ditemukan tewas mengambang di Waduk Kedungombo, Gilirejobaru, Miri, Sragen, Jawa Tengah. Pencarian korban membutuhkan waktu tiga hari karena faktor cuaca dan kedalaman waduk mencapai puluhan meter.

Peristiwa nahas itu bermula saat korban yang juga warga Desa Ngamuk, Kecamatan Karang Rayung, Kabupaten Grobogan, mandi di sekitar keramba di Waduk Kedungombo pada Sabtu 20 Januari 2018 pukul 10.00 WIB. Namun, korban mendadak hilang hingga menggegerkan warga.

Semula warga melakukan pencarian sendiri, namun tak membuahkan hasil. Warga pun meminta bantuan kepada tim SAR untuk mencari korban yang tercatat sebagai pelajar SMK Muhammadiyah 6 Gemolong itu.

"Korban kami temukan pukul 18.26 WIB tadi. Mengambang tak jauh dari lokasi kejadian, tepatnya lima meter arah selatan," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Jateng, Agung Hari Prabowo, Senin (22/1/2018).

Pencarian digelar oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Pos SAR Surakarta, BPBD Kabupaten Sragen, BPBD Kabupaten Boyolali, SAR Himalawu, MDMC Sragen, PMI Sragen, Pramuli, Rapi Rescue, Tagana Sragen, Polres Sragen, SAR PKU Muhammadiyah Sukoharjo, serta masyarakat sekitar.

Pencarian dilakukan dengan cara menyisir di sekitar lokasi menggunakan perahu karet, serta penyelaman. Namun, penyelaman tidak berjalan efektif karena kedalaman Waduk Kedungombo mencapai 40 meter.

"Tim di lapangan dihadapkan pada kendala cuaca yang tidak menentu, dan jarak pandang penyelaman yang pendek, sehingga korban tidak bisa segera ditemukan," lanjut Agung.

Perjuangan tim SAR gabungan akhirnya membuahkan hasil setelah tiga hari melakukan pencarian. Setelah berhasil dievakuasi, jenazah korban dibawa ke Puskesmas Miri, lalu diserahkan ke pihak keluarga.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1122 seconds (0.1#10.140)