Diguyur Hujan 3 Hari, Suhu di Bintan 22 Derajat Celsius

Senin, 15 Januari 2018 - 17:20 WIB
Diguyur Hujan 3 Hari, Suhu di Bintan 22 Derajat Celsius
Diguyur Hujan 3 Hari, Suhu di Bintan 22 Derajat Celsius
A A A
BINTAN UTARA - Hujan yang mengguyur pulau Bintan selama tiga hari berturut sejak Jum'at-Minggu (12-14/1/2018) menyebabkan suhu di daerah itu 22 derajat celsius. Berbagai komentar warga terkait dinginnya suhu di Bintan ada yang menyamakannya dengan suhu di puncak Bogor.

Ada yang mengumpamakan seperti di Kota Bandung dan Kota Malang. Bahkan ada juga yang mengumpakan seperti di Jepang.

Seperti yang diungkapkan Velis, warga Toapaya, mengatakan, Gunung Bintan yang tingginya 320 meter di atas permukaan laut, merupakan tanah tertinggi di pulau Bintan selalu ditutupi kabut. Ini menandakan betapa dinginnya suhu di sekitar puncak Gunung Bintan.

"Karena berkabut terus jadi seperti di puncak Bogor. Ataupun teringat puncak gunung Tangkuban Perahu yang selalu dipenuhi kabut," kata Velis, di Toapaya, Minggu (14/1/2018).

Saking dinginnya, kata Velis, pada hari Sabtu dan Minggu, ia malas keluar rumah. Apalagi dua hari tersebut merupakan hari libur kerja. "Kemana-mana malas, karena hujan. Apalagi cuaca dinginnya bukan main," tambahnya.

Iman, warga Tanjunguban mengatakan, banyaknya kabut yang menyelimuti Gunung Bintan diibaratkan seperti musim salju di Jepang. "Tinggal saljunya saja yang tidak ada. Kalau ada kabut ditambah salju, jadilah kita seperti di Jepang," kata Iman.

Ia juga menyamakan dinginnya cuaca dalam tiga hari, seperti di Gunung Dieng, di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. "Dinginnya sampai ke tulang. Dingin betul," kata Iman.

Kepala Bidang Prakiraan Cuaca Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang Bintan, Ardito Bramandikaputra mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, selama tiga hari hujan terus menerus, Jum'at-Minggu (12-14/1) dengan suhu terendah 22-27 derajat celsius.

"Memang suhunya jauh lebih rendah dibandingkan musim kemarau, paling rendah 27 derajat celsius. Turunnya 5 derajat," kata Ardito.

Sedangkan pada musim panas/kemarau suhu tertinggi mencapai 32-33 derajat celsius. BMKG memperkirakan, beberapa hari ke depan cuacanya berawan, namun potensi hujan juga masih ada.

"Terutama pada siang dan dini hari," ujar Ardito.

Apabila hujannya terus menerus mencapai satu minggu, lanjutnya, suhu akan terus turun, bisa mencapai 20 derajat. Juga diikuti kelembaban yang terus naik.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8950 seconds (0.1#10.140)