Puti Guntur Soekarno Berziarah ke Makam Bung Karno

Jum'at, 12 Januari 2018 - 14:10 WIB
Puti Guntur Soekarno...
Puti Guntur Soekarno Berziarah ke Makam Bung Karno
A A A
BLITAR - Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar. Dengan khusyuk berdoa di makam Bung Karno, Puti berharap dirinya semakin kuat menghadapi perhelatan pilihan gubernur Jawa Timur tahun ini.

"Ya ini (ziarah) tradisi kami. Semakin membuat saya kuat melangkah dalam pilkada (pilgub) ini," ujar Puti kepada wartawan.

Puti Guntur Soekarno adalah putri Guntur Soekarno Putera anak tertua Bung Karno dari pernikahan dengan Fatmawati. Puti merupakan anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan.

Dia didaulat partai untuk menggantikan posisi Bacawagub Abdullah Azwar Anas yang mengundurkan diri paskaberedarnya foto syur mirip dirinya. Propaganda pamflet, baliho di dunia maya pun bertebaran. Pasangan Gus Ipul-Puti dikampanyekan sebagai bersatunya cicit pendiri NU dan cucu Bung Karno.

Puti menegaskan dirinya siap berjuang keras di Pilgub Jatim. Apalagi saat menginjakkan kaki di Jawa Timur dirinya merasa diterima dengan hangat. "Ini menunjukkan sinyal saya siap berjuang," paparnya.

Puti juga tidak merasa terbebani menggantikan posisi Abdullah Azwar Anas. Menurut dia, sudah menjadi fatsun atau marwah partai, bahwa sebagai kader harus siap ditugasi dan diamanati ketua umum untuk bekerja, berjuang di manapun berada. "Semoga ini menjadi amanah," tuturnya.

Sebelum bersimpuh di depan pusara makam kakeknya, Puti menyempatkan menyapa kerumunan orang yang menyambutnya. Saat itu hujan mengguyur deras. Namun, orang-orang setia bertahan menunggu kehadiran cucu Bung Karno.

"Kebetulan suaminya tukang becak. Ini saya ajak berziarah. Sebab Bung Karno sangat dekat dengan rakyat dan wong cilik," tuturnya.

Dengan berdoa di depan makamnya, Puti merasa tengah berhadapan langsung dengan Bung Karno. Puti berjanji akan selalu menjaga amanah perjuangan Bung Karno, menjaga ideologi pancasila serta terus merekatkan semangat kebangsaan.

Dari Kota Blitar Puti berencana langsung bertolak ke Surabaya. Sebab terhitung 11-14 Januari KPU melaksanakan tes kesehatan terhadap pasangan calon pilkada dan pilgub Jawa Timur.

Pasangan Gus Ipul-Puti akan berhadapan dengan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak Elestianto yang diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Nasdem. Belakangan PAN juga merapat ke Khofifah.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6087 seconds (0.1#10.140)