Sudirman-Ida Pasangan Terakhir Daftar Pilgub Jateng

Rabu, 10 Januari 2018 - 22:21 WIB
Sudirman-Ida Pasangan...
Sudirman-Ida Pasangan Terakhir Daftar Pilgub Jateng
A A A
SEMARANG - Sudirman Said-Ida Fauziyah menjadi pasangan calon terakhir yang mendaftar ke Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Jateng untuk mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jateng 2018. Berkas mereka dinyatakan lengkap dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

“Jadi kalau kita lihat dari partai politik pengusung dari pasangan calon yang mendaftar hari ini, jumlah parpol sudah habis. Artinya sudah tidak ada lagi parpol yang bisa mengajukan pasangan calon lagi,” ujar Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo seusai menerima pendaftaran pasangan Sudirman-Ida di Kantir KPU Jateng, Rabu (10/1/2018).

Dia mengatakan, pada hari kedua pendaftaran pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) datang bersama koalisi empat parpol yakni PDIP, PPP, Nasdem, dan Demokrat. Sementara pasangan Sudirman-Ida diusung oleh koalisi empat parpol di antaranya Gerindra, PKB, PKS, dan PAN.

“Kami bersepakat ini terakhir kita buka (pendaftaran). Memang kita tutup nanti pukul 00.00 WIB, tetapi kan tidak mungkin lagi, parpol sudah habis. Jadi 100 pemilik kursi di DPRD Jateng sudah datang ke KPU Jateng untuk mendaftarkan pasangan calon,” terangnya.

Menurut dia, Partai Golkar meski tidak secara administratif masuk sebagai pengusung Ganjar-Yasin, namun mereka turut datang untuk memberikan dukungan. Serupa dengan PBB yang datang untuk mendukung pasangan Sudirman-Ida, namun tak masuk dalam koalisi parpol pengusung, karena tidak memiliki kursi di DPRD Jateng.

“Golkar juga sudah datang untuk memberikan dukungan pada salah satu pasangan calon, kemudian secara administrasi tidak tercantum sebagai pengusung pasangan calon, itu persoalan lain. Tapi pemilik kursi di DPRD Jateng sudah memberikan dukungan pasangan calon yang mendaftar. Sehingga tidak mungkin lagi ada parpol yang bisa mendaftarkan lagi pasangan calon ke KPU, jadi selesai sudah,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0649 seconds (0.1#10.140)