Daftar ke KPU Murad Ismail-Orno Gunakan 'Kapal dan Baileo'

Rabu, 10 Januari 2018 - 21:43 WIB
Daftar ke KPU Murad...
Daftar ke KPU Murad Ismail-Orno Gunakan 'Kapal dan Baileo'
A A A
AMBON - Mantan Kepala Korps Brimob Polri, Irjen Pol Murad Ismail bersama wakilnya Barnabas Orno, yang juga Bupati Maluku Barat (MBD), resmi mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Rabu (10/1/2018). Pasangan berjargon Baileo ini, diiringi ribuan massa pendukung menggunakan kendaraan berjenis kapal dan Rumah Baileo.

Tiba di KPU Maluku, pasangan ini langsung diterima Ketua KPU, Syamsul Rivan Kubangun bersama empat orang anggota komisionernya. Dalam proses pendaftaran yang berlangsung, pasangan ini didimpingi para sitri serta seluruh pimpinan Partai Politik (Parpol) yang mengusung keduanya di Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Maluku.

Sebelum menyambangi KPU Maluku, pasangan ini diarak oleh ribuan massa pendukung menggunakan kendaraan berjenis kapal dan Rumah Baileo mengelilingi sejumlah ruas jalan di Kota Ambon.

Dalam proses pendaftaran, berkas Murad-Orno dinyatakan memenuhi seluruh persyaratan pendaftaran yang diatur dalam mekanisme KPU. Pasangan yang mengusung tema Maluku Bisa dan Maluku Punya Gubernur Baru ini, bahkan tidak mendapat catatan satu pun dari KPU Maluku.

Usai mendaftar, Murad Ismail menjelaskan makna dibalik kendaraan yang digunakan. Menurutnya, Kapal yang digunakan itu bersimbol penting.

“Ayah saya adalah seorang nelayan tulen yang kemudian menjadi juragan ikan. Sehingga selaku anak nelayan saya ingin mengenang peristiwa tersebut,” kata Murad.

Selain romantisme histori tersebut, Murad juga mengatakan, Maluku merupakan wilayah maritim yang handal. Sehingga dirinya bersama Barnabas Orno ingin mengembangkan Maluku dari sektor perikanan dan lainnya.

Salah satu komitmen penting Murad dan Orno adalah ingin menuntaskan kemiskinan dan pengangguran di wilayah Maluku.

“Dulu Maluku termiskin ke tiga di Indonesia, dan sekarang peringkat ke empat. Atas dasar itulah kami ingin merubah segalah hal itu agar lebih baik. Mudah-mudahan Tuhan mengabulkan proses ini,” pungkas Murad.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)