Syarat Pendamping Pilgub, Sudirman Said: Tak Boleh Khianati Rakyat!

Kamis, 04 Januari 2018 - 13:55 WIB
Syarat Pendamping Pilgub, Sudirman Said: Tak Boleh Khianati Rakyat!
Syarat Pendamping Pilgub, Sudirman Said: Tak Boleh Khianati Rakyat!
A A A
SEMARANG - Bakal Calon Gubernur Jateng Sudirman Said menyampaikan sejumlah syarat bagi calon pendampingnya dalam kontestasi Pilgub Jateng 2018. Dia menegaskan, sosok calon wakil gubernur tak sekadar memiliki jiwa kepemimpinan tetapi yang terpenting adalah tidak menghianati rakyat.

"Kriteria yang selama ini saya sebut adalah berintegritas, tidak catatan tercela, tidak ada bakat untuk berkhianat pada rakyat. Kemudian kapabilitas sebagai pemimpin, lalu kecocokan dilihat dari visi dan tata nilai, serta idealisme bagaimana melihat Jateng," ujar Sudirman, di Semarang.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu menambahkan, sudah menjalin komunikasi intens dengan sejumlah nama yang diusulkan menjadi calon pendampingnya. Namun, pada komunikasi itu bukan untuk membicarakan tentang posisi yang ditawarkan melainkan cara pandang tentang membangun Jawa Tengah.

"Bicaranya bukan sebagai saya jadi gubernur, Anda jadi wakil dan sebaliknya, tapi lebih pada bagaimana berkontribusi pada Jateng. Bahkan sebelum saya dicalonkan sebagai cagub, saya telah mengatakan ayo dengan siapa pun kita jalan bareng, kalau masyarakat lebih menghendaki siapa menjadi gubernur, saya ikut saja. Karena dulu saya kan diberitakan mau jadi cawagub, enggak apa-apa. Tapi sekarang enggak bisa lah, karena sudah dicalonkan jadi gubernur," bebernya.

Menurutnya, sebelum akhir pekan ini sudah ada keputusan tentang nama cawagub yang menjadi pendampingnya. Saat ini, dia juga tengah berkonsultasi dengan pimpinan parpol koalisi pendukung tentang sosok cawagub.

"Belum mengerucut (nama cawagub), inysa Allah dalam waktu dekat akan ada keputusan. Saya tidak bisa mengatakan siapa paling intens komunikasinya karena semua intens, baik secara langsung maupun tidak. Kalau pun saya tidak langsung berinteriksaksi ada utusan beliau atau saya mengutus orang, jadi tiap saat ada komunikasi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5938 seconds (0.1#10.140)