Mengerikan! Badai Dahlia Terekam di Perairan Selat Sunda

Kamis, 30 November 2017 - 23:28 WIB
Mengerikan! Badai Dahlia Terekam di Perairan Selat Sunda
Mengerikan! Badai Dahlia Terekam di Perairan Selat Sunda
A A A
CILEGON - Pusaran angin di tengah perairan Selat Sunda berhasil direkam oleh seorang anak buah kapal (ABK) yang tengah berlayar pada Kamis (30/11/2017) siang. Video berdurasi 3 menit itu memperlihatkan angin seperti tornado mengancam kapal yang sedang berlayar.

Awan hitam di atas pusaran angin membuat suasana cukup mengerikan. Dari rekaman video terlihat semua kapal berusaha menjauh dari pusaran angin.

Video itu sudah sampai ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisima (BMKG) Serang. Menurut pengamatan petugas BMKG, pusaran angin seperti tornado itu merupakan Badai Tropis Dahlia yang terjadi di wilayah Lampung, Banten, Jakarta dan Jawa Barat.

Prakirawan BMKG Serang Trian Asmahardi mengatakan, pusaran angin seperti Tornado itu merupakan Badai Siklon Tropis Dahlia yang tengah melanda sebagian wilayah di Pulau Jawa.

"Itu Siklon Tropis Dahlia atau Badai Tropis Dahlianya. Kalau siklon membahayakan karena kecepatan anginnya 40 knot. Apalagi terjadi di lautan tinggi, gelombang bisa mencapai 6 meter," ujar Trian.

Dia menjelaskan, akibat adanya Siklon Tropis Dahlia ketinggian gelombang di perairan Selat Sunda bagian Selatan Banten bisa mencapai enam meter. Sedangkan di perairan Selat Sunda Utara mencapai 2,5 hingga 3,5 meter. "Diimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada hingga cuaca mulai membaik," ucapnya.

Diketahui, siklon tropis Cempaka yang menyebabkan bencana banjir, longsor, dan puting beliung di sejumlah daerah di Pulau Jawa sudah mulai melemah. Namun, BMKG mengimbau agar masyarakat waspada lantaran siklon Dahlia telah mengintai. (Baca: Setelah Cempaka Melemah, Giliran Siklon Tropis Dahlia Mengancam)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8481 seconds (0.1#10.140)