Ketangguhan Lokomotif CC 300 Buatan PT INKA Menerobos Banjir Porong

Selasa, 28 November 2017 - 11:27 WIB
Ketangguhan Lokomotif CC 300 Buatan PT INKA Menerobos Banjir Porong
Ketangguhan Lokomotif CC 300 Buatan PT INKA Menerobos Banjir Porong
A A A
SIDOARJO - Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, juga menggenangi rel kereta api di petak Porong-Tanggulangin. Meskipun rel tertutup genangan air sekitar 10 centimeter, rangkaian Kereta Api (KA) Jayabaya dikabarkan bisa berjalan dan menerobos banjir tanpa gangguan.

Dari akun Instagram (IG) Indonesianrailways memposting foto rangkaian KA Jayabaya melintas di Petak Porong-Tanggulangin yang sedang terendam air. Foto yang diposting Selasa (28/11/2017) diberi keterangan: CC 300 12 02 Menarik Rangkaian KA Jayabaya Di Petak Porong-Tanggulangin yang sedang terendam air.

Dari foto ini diberi keterangan tentang ketangguhan lokomotif CC 300 karya anak bangsa yang dibuat dan dirakit oleh PT Industri Kereta Api (INKA) yang berpusat di Madiun, Jawa Timur. “Saat lokomotif Diesel Elektrik pabrikan GE Amerika tidak mampu melewati genangan air, lokomotif Diesel Hidrolik buatan INKA Indonesia ini memperlihatkan ketangguhannya,” tulis akun IG @Indonesianrailways.

Sebelum rangkaian KA Jayabaya melintas, @Indonesianrailways juga memposting akitivitas peninggian Balast yang terendam air. Diposting foto dan keterangan: "Si Yuyukangkang dari Daops IX BB 304 23r menembus banjir di Petak Porong-Tanggulangin, sambil menebar kricak yang berfungsi untuk menaikan posisi rel agar bisa dilewati untuk sementara waktu selagi menunggu surutnya air."
Ketangguhan Lokomotif CC 300 Buatan PT INKA Menerobos Banjir Porong

Si Yuyukangkang dari Daops IX BB 304 23r menembus banjir di Petak Porong-Tanggulangin, sambil menebar kricak yang berfungsi untuk menaikan posisi rel.Foto/IG Indonesianrailways.

Ketangguhan lokomotif CC 300 juga disampaikan seorang pencinta kereta api melalui akun Instagram @kanjengharyo. "Kemampuan lokomotif buatan putra dan putri terbaik negeri, saat lokomotif buatan GE tidak mampu menerjang banjir, lokomotif INKA ini mampu untuk melaluinya. Ayo ke INKA rek."

Dia juga memberikan sedikit keterangan tentang Lokomotif CC 300 yang berwarna merah menyala. Dia menulis, "Lokomotif buatan dalam negeri, karya anak bangsa. Dibuat dan dirakit oleh PT INKA. CC300 dengan menggunakan tenaga penggerak Disel Hidrolik, lokomotif ini mampu menerjang genangan banjir dan dapat menghasilkan aliran listrik di semua rangkaian gerbong di belakangnya, sehingga tidak membutuhkan gerbong pembangkit."

Diketahui dari berbagai sumber, Lokomotif CC 300 adalah salah satu lokomotif diesel hidrolik di Indonesia milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan yang digunakan khusus untuk keperluan dinas Ditjen Perkeretaapian. Lokomotif dengan dua kabin masinis ini dibuat oleh PT INKA, desain dan integrasi sistemnya murni hasil karya insinyur Indonesia.

Lokomotif ini dikenal cukup andal karena tahan banjir. Meskipun ketinggian banjir mencapai 1 meter, KA yang ditariknya masih bisa melaju. Proyek Lokomotif CC 300 adalah kerja sama dengan PT Inka dengan Kemenhub dan diperkirakan menelan biaya Rp30-40 miliar.

Meskipun lokomotif ini dimiliki Ditjen Perkeretaapian, namun lokomotif ini tetap dioperasikan oleh PT KAI. Lokomotif CC 300 diluncurkan pada 20 Mei 2013 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Saat ini ada 5 unit Lokomitif CC 300, tiga unit berada di Dipo Induk Madiun, satu unit di Dipo Induk Medan, dan satu unit di Dipo Induk Tanjung Karang.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0180 seconds (0.1#10.140)