Kirab Kereta Kuda Semarakkan Resepsi Bobby-Kahiyang

Minggu, 26 November 2017 - 20:04 WIB
Kirab Kereta Kuda Semarakkan...
Kirab Kereta Kuda Semarakkan Resepsi Bobby-Kahiyang
A A A
MEDAN - Setelah rangkaian Mata Ni Horja atau puncak pesta adat pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu berakhir Sabtu (25/11/2017), acara kemudian dilanjutkan dengan resepsi ngunduh mantu pada Minggu (26/11/2017) di Kompleks Taman Setia Budi Indah I Bukit Hijau Regency Medan.

Acara ini diawali dengan kirab kereta berkuda yang membawa Bobby Kahiyang beserta keluarganya. Urutan kirab diawali dengan patwal, barisan 40 wanita berpakaian adat Sumatera Utara, 7 kereta yang ditarik masing-masing oleh sepasang kuda.

Barisan wanita berpakaian adat Sumut. Kendaraan pemusik mandailing, 15 andong yang membawa peserta kirab, 25 kendaraan pemusik dan 50 becak motor untuk relawan. Kirab kereta berkuda ini diawali dari titik Medan International Convention Center (MICC) menuju tempat resepsi.

Persiden Joko Widodo terlihat menggunakan pakaian atasan jas tertutup warna hitam, kain ulos yang menutupi pinggang hingga paha, dan celana panjang warna hitam, beserta peci.

Ibu Riana menggunakan baju kebaya warna hijau lengkap dengan kerudung berwarna senada sebagai penutup kepala. Anak dan menantu Jokowi, Gibran Rakabuming beserta istri dan anaknya, mengenakan pakaian senada dengan orangtuanya.

Rombongan kirab yang membawa Bobby-Kahiyang beserta keluarga Presiden Joko Widodo dan keluarga Ade Hanafiah Siregar, berangkat dari MICC sekira pukul 09.42 WIB. Hal ini menandai telah dimulainya prosesi kirab pernikahan Bobby-Kahiyang.

Pantauan di lokasi, kereta pertama terlihat membawa Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu, disusul kereta kedua yang diduduki Joko Widodo dan Iriana, dan Kaesang, berikutnya kereta yang membawa Ade Hanafiah Siregar dan adiknya Doli S Siregar.

Kereta kuda keempat dinaiki Gibran Rakabuming bersama istri dan anaknya, Tiga kereta selanjutnya membawa keluarga atau saudara dari Joko Widodo dan Iriana dari Solo.

Rombongan kirab pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tiba di lokasi resepsi setelah melewati perjalanan sepanjang 2,6 Km.

Dalam iring-iringan, Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution, Presiden Jokowi-Ibu Negara Iriana dan Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming dan keluarga, serta keluarga inti lainnya menumpangi kereta kencana yang langsung didatangkan dari Solo.

Di belakang kereta kencana turut juga diikuti delman yang didatangkan dari Berastagi, Karo. Delman-delman itu ditumpangi Gubsu Erry Nuradi, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Pangkostrad Edi Rahmayadi yang masing-masing membawa istri.

Ribuan masyarakat sangat antusias dan memenuhi kiri-kanan sepanjang Jalan Ringroad tersebut. Kirab Budaya ini juga menampilkan parade pakaian adat dari seluruh etnis di Sumut dan etnis Nusantara serta ernis mancanegara.

Di sela prosesi kirab itu, Presiden Jokowi juga terlihat membagi-bagikan souvenir kepada warga Medan yang menyaksikan arak-arakan di Jalan. Souvenir yang dibagikan berupa tempat sirih dan bertuliskan horas.

Selain itu, sekitar 200 anak dari 18 SD Negeri dan Swasta memakai pakaian adat dari berbagai etnik di Sumut juga terlihat antusias menyambut rombongan kirab Presiden.

Kahiyang dan Bobby turun dari kereta sekitar pukul 10.42 wib. Bersama dengan orangtua mereka, masuk ke gedung resepsi, tenda resepsi dan pelaminan dihias dengan ornament perpaduan etnik Mandailing dan Jawa yang menarik. Ketika menuju ke pelaminan, Bobby dan Kahiyang disambut dengan tarian Sabe-sabe.

Resepsi pernikahan ini dibagi dengan dua sesi. Di sesi pertama, para tamu undangan mulai naik ke pelaminan dan menyalami kedua mempelai serta pihak keluarga, sejumlah Menteri Kabinet kerja juga turut datang untuk memberikan selamat kepada Bobby-Kahiyang, dengan iringan tarian Jawa. Sesi undangan pertama ini berlangsung sekitar satu jam, mulai dari pukul 11.00 WIB hingga 12.17 WIB.

Sejumlah tamu undangan terlihat mulai meninggalkan resepsi sesi pertama dan rombongan pengantin beserta keluarga meninggalkan lokasi. Selanjutnya, dilangsungkan resepsi sesi kedua dan berakhir 16.30 WIB.

Diperkirakan tamu undangan yang hadir pada resepsi ngunduh mantu Bobby-Kahiyang ini mencapai 4.000 orang yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat.
Kirab Kereta Kuda Semarakkan Resepsi Bobby-Kahiyang
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)