Polda Jabar Usut Perusak Hutan Penyebab Longsor Malangbong

Jum'at, 24 November 2017 - 17:53 WIB
Polda Jabar Usut Perusak Hutan Penyebab Longsor Malangbong
Polda Jabar Usut Perusak Hutan Penyebab Longsor Malangbong
A A A
BANDUNG - Polda Jabar akan mengusut pelaku perusak dan penggundulan hutan yang memicu longsor di Malangbong, Kabupaten Garut pada Selasa 22 November 2017 malam.

Seperti diketahui, longsor menimbun jalur kereta api di sejumlah titik Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akibatnya, hingga Rabu 23 November 2017 pagi, puluhan perjalanan kereta api dialihkan melalui jalur utara.

"Secara stimultan saya suruh lidik (selidiki). Apakah terjadi (pembalakan liar dan perusakan hutan). Kalau memang ada (aktivitas penebangan pohon), kami cari. Kalau dapat, kami proses hukum. Tetapi tak boleh berburuk sangaka. Maka, lakukan penyelidikan awal dulu," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Jumat (24/11/2017)

Saat ini, ungkap Agung, sebagian besar jalur KA selatan di Malangbong dalam upaya pemulihan menggunakan alat berat. Polda Jabar dan TNI menerjunkan tim untuk membantu penanggulangan.

"Tugas polda dalam penanggulangan bencana hanya membantu. Yang dikedepankan BPBD. Kami membantu. Di sana polres dan TNI juga ada untuk bisa mempercepat perbaikannya sehingga kereta api lintas selatan bisa berfungsi kembali," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8128 seconds (0.1#10.140)
pixels