Respons Ridwan Kamil soal Kemungkinan Golkar Ubah Rekomendasi Cagub Jabar

Selasa, 21 November 2017 - 14:51 WIB
Respons Ridwan Kamil...
Respons Ridwan Kamil soal Kemungkinan Golkar Ubah Rekomendasi Cagub Jabar
A A A
BANDUNG - Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan kepada Partai Golkar sebagai institusi jika terjadi perubahan rekomendasi dukungan terhadap dirinya untuk maju sebagai cagub di ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, munculnya dinamika di Partai Golkar terkait ditetapkannya Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sebagai tersangka dikembalikan kepada mekanisme institusi partai.

"Saya berterima kasih kepada Golkar sebagai institusi atas keputusan mendukung. Karena, mendukung saya kan sebagai institusi, bukan pribadi. Jika ada dinamika baru maka saya serahkan kepada mekanisme partai," kata Emil di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa(21/11/2017).

Emil mengatakan, sesuai perkataan Sekjen Golkar Idrus Marham, keputusan Golkar dalam mendukung dirinya maju telah dikeluarkan bersama Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan atas nama institusi. Sehingga, jika terjadi perubahan rekomendasi dukungan calon gubernur Jabar akan diserahkan di level institusi.

"Dinamika-dinamika itu pasti ada. Jadi jika ada perubahan silakan saja, tapi dilakukan di level institusi," ujar dia.

Emil kembali menegaskan, kemenangan dalam ajang pilkada ditentukan oleh sosok figur, bukan ditentukan institusi partai pendukung. Hal itu pernah terjadi saat Pilwalkot 2013.

Dia menjelaskan, ketika Pilwalkot Bandung 2013, sejumlah partai mengalami penurunan kursi saat pemilihan legislatif (pileg). "Dulu partai-partai pengusung saya saat menang di pilwalkot justru turun pas di pileg. Artinya, masyarakat bisa memilah. Kalau persoalan pilkada maka isu figurnya yang dilihat. Nah, jika isunya pada kepartaian maka masyarakat akan melihat juga," ujarnya.

Emil mengaku, saat ini sedang berupaya fokus dalam mengompakkan partai koalisi dalam menentukan calon wakil gubernur Jabar di Pilgub 2018. Namun jika ke depan terjadi perubahan, akan dihadapi dan dijalani.

"Apa pun yang terjadi dalam proses ini batin saya penuh tawakal. Penuh dukungan alhamdulilah. Tidak ada dukungan, masyarakat sudah menyampaikan aspirasinya. Ya, kita jalani saja. Tapi, hasil perhitungan (survei) dunia, elektabilitas saya stabil."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9563 seconds (0.1#10.140)